Petani: Pembangunan Pasar Agribisnis Diharapkan Putus Rantai Tengkulak

TVTABALONG : Pasar agribisnis yang mulai dibangun Pemerintah Kabupaten Tabalong di Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai, mendapat tanggapan positif dari para petani, terutama yang berada di wilayah utara sebagai penghasil produk hortikultura. Pembangunan pasar ini ditujukan untuk membantu para petani yang kesulitan memasarkan hasil produk pertanian mereka di pasaran.

Salah seorang petani di Kecamatan Haruai, Hasbullah mengatakan, pihaknya sangat mendukung pembangunan pasar ini. Ia menilai keberadaan pasar agribisnis dapat memutus mata rantai tengkulak atau pedagang perantara.

“Kami sangat mendukung dan menghargai, karena mana biasanya kami setiap hari menjual hasil pertanian kami terutama holtikultura itu, pembeli datang ke anggota anggota kelompok kami, dengan adanya pasar ini, kami bisa langsung membawa ke pasar ini, jadi memutus mata rantai tengkulak.” Tuturnya.

Diketahui saat ini pemerintah Kabupaten Tabalong tengah mempersiapkan Kecamatan Haruai sebagai kawasan industri. Selain itu Tabalong juga tengah mempersiapkan diri menjadi wilayah penyandang Ibukota baru di Kalimantan Timur. Sehingga pembangunan fasilitas pendukung pertanian menjadi salah satu hal penting.

” Saya yakin ketika kawasan industri dan penyangga ibukota itu sudah mulai terbangun, hasil pertanian yang ada di haruai ini gak bakalan cukup, karena nanti dengan adanya kawasan industri kawasan ibukota, otomatis nanti kebutuhan dasar pokok orang orang pasti akan meningkat, karena populasi manusia pasti akan meningkat, nah jadi kami sangat bersyukur pemerintah daerah meletakkab pasar ini di desa kembang kuning kecamatan haruai, tentunya ini bisa menyiapkan kami untuk membenahi wilayah kami bisa menyesuaikan kawasan industri dan penyangga ibukota.” Kata Camat Haruai, Handi Yanuardi.

Handi mengharapkan kehadiran pasar agribisnis dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Tabalong. Sehingga sektor pertanian dapat semakin maju dan dapat memenuhi kebutuhan dengan skala yang lebih luas. (Muhammad Ariadi).

Next Post

TPAKD Tabalong Bersama OJK Regional 9 Kalimantan Bahas Program Pemulihan Ekonomi

Kam Apr 29 , 2021
TVTABALONG – Tim percepatan akses keuangan daerah Kabupaten Tabalong, menghadiri rapat koordinasi daerah yang diinisiasi otoritas jasa keuangan, di Banjar Baru pada 22 April 2021. Rakorda ini juga dihadiri TPKAD Banjarmasin, Tanah Laut, serta Tapin. Rakorda kali ini fokus membahas peran TPKAD setiap daerah dalam pemulihan dan pengembangan ekonomi daerah. […]