DPRD Sarankan DPMPD Gandeng Inspektorat Dalam Pembinaan Aparat Desa

Tabalong – Badan Anggaran DPRD Tabalong melakukan rapat dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, terkait pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019, pada delapan Juli 2020. Dalam rapat disampaikan, realiasi anggaran DPMPD Tabalong sebesar 92 koma 23 persen, atau senilai 16 koma tujuh milyar rupiah, dari total anggaran 18 koma satu milyar rupiah.

Dalam rapat ini, pengelolaan dana desa menjadi sorotan utama, karena masih ada sebagian SDM di pemerintah desa yang kurang mengerti terkait pelaporan dana desa. Oleh sebab itu, para anggota dewan menginginkan dilakukannya bimbingan teknis mengenai hal tersebut.

Wakil Ketua Banggar, Jurni, menyarankan kepada dpmpd untuk bekerjasama dengan inspektorat, dalam pembinaan dan pencegahan tindak korupsi di pemerintah desa.

“Kami menginginkan mengharapkan kepada DPMPD supaya pembinaannya lebih baik bahkan kami menyarankan kalo bisa menggandeng dengan inspektorat, karena di inspektorat itu ada pembinaan dan pencegahan tindak korupsi jadi tidak salahlah kalo kita menggandeng dengan inspektorat untuk pemeriksaan keuangan, audit.” Ucap Jurni

Kepala DPMPD Tabalong, Arianto menjelaskan, pembinaan kepada aparat pemerintah desa sudah dilakukan. Namun karena penyelenggaraan pemerintah desa bersifat dinamis, maka pembinaan akan selalu dibutuhkan setiap saat.

 “Pembinaan sebenarnya sudah kita lakukan, memangkan persoalan selalu ada. Nah jadi pembinaan itu selalu dan selalu akan dibutuhkan setiap saat, dan kedepan juga masih tetap akan dilakukan karena bagaimanapun penyelenggaraan pemerintah desa juga dinamis, regulasi juga dinamis, kebutuhankebutuhan juga dinamis, maka kebutuhan pembinaan juga akan selalu dibutuhkan dan juga bersifat dinamis.” Kata Arianto

Pada kesempatan ini, arianto menyampaikan, kepada seluruh aparat pemerintah desa agar melaksanakan fungsinya, sebagaimana yang telah diatur dan diprogramkan oleh kementerian desa. Ia berpesan, dalam penyusunan perencanaan pemerintah desa harus memperhatikan kebutuhan faktual, supaya bisa menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat.

Next Post

Rapat Evaluasi Kelembagaan, Pemkab Bahas Penyesuaian Program

Sel Jul 14 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Bagian Organisasi Sekretariat Pemkab Tabalong mneggelar rapat bersama SKPD terkait, membahas mengenai evaluasi kelembagaan terkait pengelolaan kegiatan yang diatur dalam permendagri nomor 90  tahun 2019. Rapat yang digelar pada 9 Juli 2020, dilakukan bersama Dinas […]
error: