Yayasan Nurul Muhibbin Halong Dapatkan Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Yang Difasilitasi PT Adaro

TABALONG – PT Adaro Indonesia bekerjasama dengan universitas lambung mangkurat memberikan pelatihan pembuatan pakan ikan di yayasan nurul muhibbin di Desa Halong Kabupaten balangan, pada 7 Desember 2021. Pelatihan ini untuk mengembangkan unit usaha perikanan yang dijalankan yayasan Nurul Muhibbin.

Tenaga ahli nutrisi ikan ULM, Noor Aida Fauzana menjelaskan, 60 hingga 70 persen budidaya perikanan terbebani oleh biaya pakan. Sehingga perlu upaya mengurangi beban tersebut melalui pembuatan pakan secara mandiri.

“Kenapa kita membuat pakan secara mandiri karena memang secara umum itu bahwa biaya produksi  dari budidaya ikan itu lebih besar di pakan 60 sampai 70 persen itu di pakan, sehingga kalau kita ingin mengurangi biaya itu kita bisa melakukannya dengan membuat pakan sendiri dengan bahan-bahan yang mudah di dapat.” Kata Noor Arida Fauzana- Tenaga Ahli Nutrisi Ikan Ulm.

Vokasi Yayasan Nurul Muhibbin Halong, Muhammad Amin, mengaku senang mendapatkan pelatihan ini. Ia mengakui dengan membuat pakan sendiri, dapat menghemat biaya yang harus mereka keluarkan dalam membudidayakan ikan.

“Lebih apa, lebih murahlah bagi pakan pabrik ini sangat penting bangat nih pelatihan pembuatan pakan, karena bahannya mudah dicari dan murah jadi penting bangat buat kami.” Kata M. Amin – Vokasi Yayasan Nurul Muhibbin.

Amin mengakui sebelum diberi pelatihan, pihaknya hanya membuat pakan ikan tanpa memperhatikan kadar yang terkandung didalamnya. Sehingga kegiatan pelatihan dari YABN dan ULM sangat di apresiasi pihak yayasan. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

UPTD BPKB Dishub Tabalong Akan Jadi BLUD

Sab Des 11 , 2021
TABALONG – Rencana UPTD Balai Pengujian Kendaraan Bermotor untuk menjadi BLUD, disambut baik oleh Wakil Bupati Tabalong, Mawardi. Ia menilai, dengan menjadi BLUD maka peningkatan pelayanan kepada masyarakat semakin mudah, karena fleksibilitas pengelolaan nantinya. Hal ini ia sampaikan saat mewakili tim penilai tingkat Kabupaten menerima dokumen administratif BLUD, dari kantor […]