Wujudkan Transparansi & Akuntabilitas, Perangkat Desa & Kelurahan di Tabalong Dilatih Tertib Arsip

TVTABALONG – Tertib arsip menjadi kebutuhan wajib yang harus diterapkan dalam pemerintahan Desa atau Kelurahan, dalam hal transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerinta. Karena pengelolaan arsip yang baik dan benar menjadi bukti bagi pemerintah Desa merealisasikan program kerja.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tabalong pun memberikan bimbingan teknis terkait tertib arsip bagi Perangkat Desa dan Kelurahan, pada 7 dan 8 April 2021. Sekretaris Desa Padangin, Agus Priyanto, salah satu peserta bimtek menilai, kegiatan bimtek tertib arsip ini harus benar-benar diperhatikan dan harus diimplementasikan di Desa maupun Kelurahan.

“Ya saya kira untuk bimtek pada kesempatan  kali ini sangat berarti bagi kita semua terutama yg mewakili di di wilayah selatan, benua lawas, kelua, pugaan, dan muara harus, ini harus benar-benar di perhatikan dan harus di implementasikan di desa-desa maupun di kelurahan masing-masing.” Kata Sekdes Desa Pandangin, Agus Priyanto.

Melalui kegiatan bimtek arsip, peserta didorong menyadari pentingnya mengelola kearsipan dengan baik. Bimtek pun diakui peserta membantu menambah pengetahuanya tentang pengelolaan kearsipan yang baik dan benar, sehingga dapat menjadi alat atau bukti perangkat Desa terkait kebenaran pelaksanaan kegiatan pemerintahan.

“Jadi dengan adanya bimtek kearsipan ini,ini menurut saya sangat penting. Karena yang awalnya kami kurang mengerti dengan bagaimana menata arsip itu dengan baik, dengan adanyaacara pelatihan bimtek ini, kami jadi tau kalonya arsip itu memang sangat penting dan itu bisa menyelamatkan kami juga kalau misalkan suatu saat nanti ada permasalahan jadi dengan kami bisa mengelola arsip dengan baik kami bisa menyelamatkan diri kami sendiri.” Tutur Sekdes Desa Masintan, Aisya Zira Fawqa.

Aisya pun bertekad menerapkan ilmu yang ia dapat melalui bimtek ini. Sehingga kegiatan kearsipan di Desanya dapat teratur. (Maria Ulfah).

Next Post

Tanaman Bonsai, Si Mungil Cantik & Filosofis

Sen Apr 12 , 2021
TVTABALONG – Siapa yang tak kenal dengan tanaman kerdil seperti ini. Tanaman dengan metode bonsai ini telah dikenal sejak ribuan tahun oleh bangsa Jepang, hingga kini telah populer di berbagai daerah, termasuk di Tabalong. Tanaman bonsai memiliki nilai seni tinggi, karena dibentuk dengan beragam teknik, dan waktu yang dibutuhkan pun […]