Wujudkan Smart City, 4 Aplikasi Jadi Unggulan Pemkab Tabalong Selama Pandemi Covid-19

TVTABALONG – Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, didampingi Kadis Kominfo Tabalong, jubir satgas covid-19, para asisten, dan jajaran pemerintah terkait, mengikuti tinjauan lapangan gerakan menuju 100 smart city yang digelar kemenkominfo republik indonesia, secara virtual di media center kabupaten tabalong, pada 25 mei 2021. Pembimbing Kemenkominfo RI, dedy sushandoyo, pada kesempatan ini berdiskusi dengan bupati anang terkait perkembangan dan kesiapan kabupaten Tabalong untuk menuju smart city.

Dalam sesi diskusi, Bupati Anang menyampaikan, selama pandemi pemerintah Kabupaten Tabalong setidaknya menjalankan 4 layanan atau program smart city. Pertama filtrasi migrasi, berupa pos penjagaan di 5 titik perbatasan dengan kabupaten lain, pada tahun lalu saat kasus covid-19 meningkat di indonesia. Kemudian layanan antar jemput pemesanan makanan, dengan memberdayakan sejumlah tukang ojek, untuk mengurangi mobilitas warga membeli takjil selama bulan ramadhan tahun lalu. Warga tabalong pun mulai terbiasa menggunakan layanan seperti ini, melalui aplikasi ojek online yang beroperasi di Tabalong.

Selanjutnya peluncuran aplikasi waker atau wajib masker, dan rt cegah covid-19, untuk menunjang penanggulangan covid-19 di kabupaten tabalong. Bupati anang mengatakan, keempat layanan atau program smart city tersebut merupakan solusi yang diberikan pemkab tabalong, agar layanan publik, aktivitas kehidupan sosial, dan produktifitas ekonomi masyarakat tetap berlangsung di tengah pandemi.

Bupati Anang menilai, lockdown bukan pilihan terbaik saat pandemi, namun penyesuaian-penyesuaian dalam kehidupan tatanan masyarakat adalah sebuah keniscayaan. Disinilah pemanfaatan it memiliki relevansi, dan smart city menjadi momen penting untuk menjawab dinamika tantangan kehidupan.

 “Pemanfaatan IT memiliki relevansi, dan smart city menjadi momentum penting untuk menjawab dinamika tantangan kehidupan.” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

 Bupati anang juga menilai, jika smart city terwujud sejak dua hingga tiga tahun lalu di kabupaten tabalong, maka ia yakin dan optimis dampak pandemi covid-19 tidak akan sebesar yang dirasakan seperti saat ini.  (Alfi Syahrin).

Next Post

Ini Rencana Kedepan Pemkab Tabalong Wujudkan Smart City…

Jum Mei 28 , 2021
TVTABALONG – Dalam sesi diskusi gerakan menuju 100 smart city yang digelar pada 25 Mei 2021, antara pemerintah Kabupaten Tabalong dengan pembimbing kemenkominfo Republik Indonesia, Dedy Sushandoyo, bupati Tabalong, Anang Syakhfiani memaparkan, langkah awal dalam mewujudkan smart city. Seperti membumikan konsep smart city kepada seluruh lapisan masyarakat, dengan sosialisasi penggunaan […]