Wilayah Selatan Tabalong Paling Terdampak Kabut Asap

TVTABALONG – Wilayah selatan Tabalong, dinyatakan sebagai wilayah yang terkena dampak kabut asap terparah, jika dibandingkan wilayah tengah dan utara Tabalong. Hal tersebut berdasarkan hasil pengukuran tingkat polusi asap dengan alat integrated ambient air quality, yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Tabalong.

Berdasarkan hasil pengukuran dengan metode  parameter SO2 dan NO2, wilayah selatan Tabalong masuk dalam kategori rawan. Untuk kecamatan Kelua, sulfur dioksida berkisar antara 567, dan Pugaan 742 mikrogram per nanometer kubik. Angka ini hampir mendekati ambang batas aman yang telah ditetapkan, yaitu 900 mikrogram per nanometer kubik.

Sedangkan konsentrasi nitrogen dioksida di kecamatan kelua 40,88 dan pugaan 58,24 mikrogram per nano meter kubik. Angka ini masih berada di bawah  ambang batas 200 mikrogram per nanometer kubik.

“tanggal 18 kita melakukan pemantauan kembali di wilayah selatan. Ada dua titik yang kita ambil, yaitu di Kelua dan Pugaan kemudian di wilayah utara di SMPN 1 Muara Uya” jelas Kepala DLH Tabalong, Rowi Rawatianice

Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan DLH, wilayah utara Tabalong, merupakan daerah yang paling minim terpapar kabut asap. Yang mana kandungan sulfur dioksida berkisar antara 0,3 mikrogram per nanometer kubik, serta konsentrasi nitrogen dioksida 00,89 mikrogram per nanometer kubik. (Normansyah)

Tinggalkan Balasan

Next Post

BPBD Tabalong Perpanjang Status Siaga Karhutla Hingga Akhir Oktober

Kam Okt 3 , 2019
Sejak Agustus lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong mendirikan posko penanggulangan karhutla. Posko disebar di 12 kecamatan, dengan posko induk di Tanjung Expo Center. Pada 30 September lalu, posko induk penaggulangan karhutla tidak lagi beroperasi. Namun BPBD Tabalong tetap memberlakukan status siaga, untuk kasuskarhutla. Status siaga diperpanjang hingga 30 […]