WCD Tahun 2020, Tabalong Kumpulkan 9,5 Ton Sampah

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar kegiatan World Clean Up Day pada 19 September 2020. Sebanyak 9 ribu 363 orang berpartisipasi pada kegiatan ini. Peserta melibatkan 15 SKPD, 8 kecamatan, 8 Instansi Vertial, 1 pelaku usaha, 17 instansi usaha, 20 sekolah adiwiyata, 12 bank sampah serta 3 TPS 3R.

Dari aksi World Clean Up Day tersebut, sebanyak 9,5 ton sampah telah terpilah. Terdiri dari 4 ribu kilogram sampah organik, untuk sampah anorganik seperti kertas sebanyak 3500 kilogram, botol atau kemasan plastik 672 kilogram, kaca 270 kilogram, kaleng 158 kilogram, logam 314 kilogram dan anorganik lainnya 556 kilogram.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong Rowi Rawatianice menjelaskan, sampah yang telah dikumpulkan dan dipiah tersebut disetorkan ke bank sampah dan TPS-3R. Rowi juga mejelaskan dari total 9,5 ton sampah yang terkumpul, memiliki nilai ekonomi sebesar 10 juta 379 ribu rupiah.

Kita informasikan kita memulai WCD dari selasa kan sebelumnya dari tanggal 12 sampai 19 September 2020, namun efektifnya kita bekerja dari Selasa Rabu Kamis Dan Jumat. Berdasarkan data yang kami himpun berdasarkan google form yang kami edarkan untuk kantor, sekolah dan bank sampah itu ada partisipan 9363 orang kemudian dari situ kita menghasilkan sampah terpilah adalah 9 ton 515 kilogram” kata Rowi.

Rowi menambahkan dengan keterlibatan tabalong pada kegiatan ini, artinya Tabalong berkontribusi terhadap target World Cleanup Day Indonesia sebanyak 13 juta orang. Kegiatan memilah sampah diharapkan dapat menjadi rutinitas di area perkantoran dan rumah, sehingga dapat mencegah pencemaran lingkungan serta mendapat manfaat dari nilai ekonomis sampah. (Norman)

Next Post

Peringati Hari Rabies Sedunia, UPT Puskeswan Berikan Vaksinisasi Secara Gratis

Kam Sep 24 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Memperingati Hari Rabies Sedunia, pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) pusat kesehatan hewan, memberikan vaksinisasi rabies secara gratis, dan seterilisasi kebiri secara bersubsidi. Vaksinisasi rabies gratis ini, berlasung sejak 21 september hingga 25 […]
error: