Warga Kasiau Raya Diverifikasi Usaha, Guna Wujudkan Ketahanan Pangan Selama Pandemi

MURUNG PUDAK – Sebagai salah satu Kampung Tangguh Banua di Kabupaten Tabalong, Desa Kasiau Raya, Kecamatan Murung Pudak, memiliki program mewujudkan ketahanan pangan selama pandemi covid-19.

Dengan mayoritas penduduk bekerja sebagai petani, dengan area persawahan mencapai 50 hektar, menjadi modal untuk mewujudkan ketahanan pangan di desa ini.

Salah satunya ialah petani Bambang, yang kami temui pada minggu (31/01).

Ia mempunyai lahan persawahan seluas 4 borongan, atau sekitar 34 meter persegi, yang ditanami padi varietas ampari. Selain itu, ia juga mulai berkebun tanaman hortikultura, berupa kacang panjang dan terong.

Ya nanam banih ini pang nah. (Lagi hanyar pak lah?) Inggih, 3 bulanan dah. (Selain banih apa pak?) Sayur-sayuran ada jua. Jenis banihnya ampari, luas tanahnya sekitar 4 borongan.” Ucapnya.

Kepala Desa Kasiau Raya, Adha Rayadi menjelaskan, hadirnya perkebunan hortikultura merupakan salah satu upaya diversifikasi pertanian, atau menambah ragam jenis tanaman.

Hortikultura ditanam di lahan tidur milik warya yang kembali dimanfaatkan. Hal ini bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama di tengah pandemi covid19 seperti saat ini.

“Kita tidak terfokus di masalah perkebunan, tetapi kita juga melakukan upaya-upaya diversifikasi usaha. Warga masyarakat yang memiliki lahan kita arahkan menanam tanaman hortikultura.” Ungkapnya.

Adha Rayadi mengakui, pandemi tidak terlalu berpengaruh pada ekonomi maupun tata kemasyarakatan di desa ini.

Pasalnya dengan ketahanan pangan, warga tidak bergantung dari luar desa. Dampak yang dirasakan hanya pola kebiasan baru masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. (Alfi Syahrin).

Next Post

1480 Tenaga Kesehatan Tabalong Dicanangkan Vaksinasi Covid-19 Serentak

Rab Feb 3 , 2021
MABU’UN – Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mencanangkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 serentak se Tabalong di puskesmas mabuun. Senin (01/02/2021). Dalam kesempatan ini Bupati Anang menyampaikan rasa syukurnya lantaran Tabalong masih menjadi Kabupaten dengan kasus covid-19 terendah se Kalimantan Selatan. Pelaksanaan vaksin di Tabalong merupakan upaya lanjut selain penerapan protokol kesehatan, untuk […]