Wabup Mawardi Minta Perempuan Ambil Peran Membangun Daerah

TABALONG – Dinas pemberdayaan perempuan  perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana Tabalong, memberikan bimbingan teknis pengarusutamaan gender pada setiap perwakilan SKPD Pemkab Tabalong, 26 Juli 2021. Bimtek fokus pada perencanaan dan penganggaran responsif gender atau PPRG.

Kegiatan ini ditujukan agar perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan di pemerintahan, dapat memperhitungkan keberadaan kaum perempuan. Wakil Bupati Tabalong, Mawardi dalam sambutannya menekankan agar keadilan gender harus diutamakan dalam membuat suatu kebijakan. Ia juga berharap agar peran perempuan dalam pembangunan di Kabupaten Tabalong dapat meningkat.

“Sebagaimana salah satu komitmen maka keadilan gender harus mewarnai setiap kebijakan maupun pelaksanaan pembangunan daerah Kabupaten Tabalong. Sebab itu semakin kita rasakan dalam keadilan gender dijadikan salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pembangunan melalui kegiatan, kita harapkan penempatan keselarasan dan keadilan gender dapat tercapai dengan demikian ke depan kualitas dan peran perempuan dalam pembangunan semakin meningkat” Kata Mawardi, Wakil Bupati Tabalong.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi berharap, agar setiap rencana kegiatan, minimal 20% dari anggaran skpd harus mengutamakan pengarustamaan gender. Hal ini dilakukan agar pengarusutamaan gender dapat dicapai.

” jadi dalam hal ini kita berharap setiap SKPD itu dalam melakukan dan merencanakan kegiatan-kegiatan yang akan datang itu paling tidak ada sebanyak 20% dari seluruh anggaran SKPD itu kegiatannya mengacu kepada pengarustamaan gender, sehingga apa namanya kegiatan itu betul-betul efisien dan efektif  tentunya yang berkenaan dengan adanya keadilan untuk pengarusutamaan gender. Ini kita lakukan dengan mengacu untuk apa namanya melalui PPRG yaitu dengan perencanaan  penyelenggara responsif gender” Kata Rusmadi,Kepala DP3AP2KB.

Rusmadi menambahkan, dengan mengedepankan kesetaraan gender, nantinya sebuah rencana dan kegiatan dapat tepat sasaran sesuai yang diinginkan.  (Maria Ulfah).

Next Post

Pendataan Keluarga di Tabalong Selesai, DP3AP2KB: Data Mampu Petakan Pasangan Usia Subur

Rab Jul 28 , 2021
TABALONG – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB, mendapati penurunan jumlah keluarga dari hasil pendataan dengan data pemetaan awal. Pendataan keluarga yang dilakukan DP3AP2KB Tabalong telah rampung seratus persen sejak 21 Juni lalu. Dari hasil pendataan, didapati jumlah keluarga di Tabalong sebanyak 68.104 keluarga. Jumlah ini menurun […]