Wabup Mawardi Minta PBJ Penuhi Prinsip Efektif & Transparan

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong memberikan bimbingan teknis mengenai tugas dan wewenang pada pengguna anggaran (PA), kuasa pengguna anggaran (KPA), dan pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), dalam pengadaan barang dan jasa sesuai perpres nomor 12 tahun 2021, dan permendagri nomor 77 tahun 2020. Bimbingan teknis yang dilaksanakan pada 23 Maret 2021, di Gedung pusat informasi dan pembangunan Tanjung ini, dibuka Wakil Bupati Tabalong, Mawardi.

Dalam sambutannya, Mawardi menyampaikan, pengadaan barang dan jasa merupakan aktivitas yang melekat di semua jenjang Pemerintah. Hal ini dikarenakan berkaitan erat menunjang tugas pokok dan fungsi dalam memberikan pelayanan publik, dengan memenuhi prinsip efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

“Hal ini dikarenakan sangat erat kaitannya menunjang tugas pokok dan fungsi dalam memberikan pelayanan publik. Terlebih dalam setiap tahapan pelaksanaan harus dilaksanakan dengan memenuhi prinsip efektif, efisien, transparan, dan akuntabel”. Paparnya.

Kepala Bagian pengadaan barang dan jasa Setda Tabalong, Subhan menyampaikan, melalui bimtek ini pihaknya ini memberikan pemahaman kepada PA, KPA, dan PPTK, terkait aturan baru yang berlaku dalam pengadaan barang dan jasa. Pasalnya selama ini hal tersebut menjadi sorotan kpk.

“kami ingin semestinya membantu para pengguna anggaran ini, karena ini aturan baru dan ini pengadaan barang disini selalu menjadi sorotan oleh KPK, maka kita ingin agar pengadaan barang jasa di wilayah kita ini, terutama bagi PA dan KPA itu jangan terlalu menjadi beban, oleh karena itu perlu kita pahami secara aturan-aturan yang berlaku untuk pengadaan barang dan jasa.” Terangnya.

Pengadaan barang dan jasa memainkan peranan besar, bukan hanya sebagai penggerak sektor ekonomi, seperti menyediakan lapangan kerja seluas-luasnya, dan memudahkan masyarakat membuka UMKM. namun juga mendukung upaya pencegahan, dan pemberantasan korupsi. (Alfi Syahrin).

Next Post

Komisi II DPRD Tabalong Bahas LKPJ Bupati Tahun 2020

Jum Mar 26 , 2021
TVTABALONG – Komisi II DPRD Tabalong melakukan pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban pemerintah daerah tahun anggaran 2020, pada 23 Maret 2021, di ruang rapat komisi 2 lantai 1 DPRD Tabalong. pembahasan LKPJ ini merupakan tindak lanjut dari paripurna penyampaian LKPJ tahun angaran 2020 yang dilakukan Bupati Tabalong pada 17 Maret lalu. […]