Wabup Mawardi: Hasil Pertanian Wajib Kita Syukuri

TABALONG – Wakil Bupati Tabalong, Mawardi mengingatkan petani untuk memanfaatkan secara maksimal hasil panen mereka saat memasuki masa panen raya. Hal ini disampaikan mawardi saat beberapa kali mendatangi para petani hortikultura di Tabalong.

Saat masa panen raya, tak jarang harga satu komoditi pertanian menjadi anjlok akibat ketersediaan yang melimpah di pasaran. Meski harus merugi, sebagian petani tetap menjualnya. Namun ada pula petani yang memilih membiarkan tanamannya hingga membusuk.

Mawardi pun mengajak para petani untuk memanfaatkan secara maksimal hasil panen mereka agar tidak mubazir. Baik untuk dijual, diolah kembali menjadi makanan setengah jadi atau makanan jadi, hingga dibagikan pada orang yang membutuhkan.

 “dan kalau misalnya harganya murah jangan dibakar jangan dirusak pohonnya. saya sangat miris melihat ada petani yang bakar kebunnya pak saking stressnya saking kecewanya dengan harga yang murah, jangan dibakar pak, disyukuri aja itu suruh orang yang biasa memanen itu suruh panen aja pak, hasilnya bagi dua.” Kata Mawardi – Wakil Bupati Tabalong.

Dinas pertanian saat ini tengah menyusun skema agar hasil pertanian di Tabalong tetap stabil, tidak mengalami kelangkaan maupun kelebihan, sehingga harga tetap stabil. Selain itu pemkab juga mempersiapkan pasar agribisnis untuk menampung hasil panen petani, agar dapat didistribusikan lebih luas. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

PPKM Level 3 Tabalong Kembali Diperpanjang Hingga 20 September 2021

Sen Sep 13 , 2021
TABALONG – PPKM level tiga di Kabupaten Tabalong kembali diperpanjang sejak 7 hingga 22 September 2021. Meski dalam beberapa hari terakhir tren kasus penularan covid-19 di Tabalong menurun, namun berdasarkan penilaian aspek lainnya, belum cukup untuk membuat Tabalong turun ke level 2. Kabupaten talong menduduki PPKM Level tiga bersamaan dengan […]