Wabup Mawardi Ajak Warga Jadikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Agama Islam

TVTABALONG – Masjid Muhammadiyah Istiqamah yang diresmikan Wakil Bupati Tabalong pada 9 April 2021, ternyata sudah berdiri sejak tahun 1968. Awalnya bangunan masjid berdiri di sisi sungai Tabalong. Namun karena rawan longsor, pengelola pun memindahkan masjid dengan bangunan baru yang permanen, tepat di seberang lokasi masjid terdahulu.

Awal pembangunan masjid ini dimulai sejak 17 April 2017 atau sekitar 4 tahun yang lalu, dari tanah hasil wakaf keluarga Almarhum Abdurrahman.  Untuk bangunan, pengelola masjid menerima dana hibah dari pemerintah daerah Kabupaten Tabalong pada tahun 2019, para donatur, serta dana swadaya masyarakat jamaah masjid. Dengan total dana yang telah di gunakan mencapai 2,5 milyar. Selain dana, pengelola juga menerima bantuan berupa bahan bangunan.

Ketua pelaksana pembangunan masjid, Hairani menjelaskan, pemindahan masjid ini berdasarkan kondisi tanah masjid yang tergerus air sungai Tabalong. Sehingga jarak sungai dengan masjid hanya menyisakan tanah selebar dua meter.

 “Yang mana masjid ini dulu berada di pinggiran Sungai Tabalong yang mana pertama kali didirikan itu pada tahun 1968 kenapa ini di dirikan yang baru karena dipinggiran sungai Tabalong itu sudah terkikis oleh gerusnya air, air sungai Tabalong jadi.” Kata Ketua Pelaksana Pembangunan Masjid, Hairani. 

Hairani menambahkan, pemindahan masjid Muhammadiyah Istiqamah ini didasari dari pengalaman beberapa tahun terakhir, yang berpotensi mengalami longsor. Selain itu juga untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada jamaah. (Gazali Rahman).

Next Post

Begini pelaksanaan Tarawih di Mesjid Agung Tanjung...

Rab Apr 14 , 2021
TVTABALONG – Pelaksanaan shalat tarawih pertama pada Ramadhan 1442 Hijriyah di Masjid Ash-Siratal Mustaqim Tanjung, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Pengelola masjid dibantu Kodim 1008 Tanjung, mengatur jamaah yang masuk, agar menerapkan protokol kesehatan. Ketua badan pengelola masjid Agung Ash Siratal Mustaqim, Zainul Arifin mengatakan, jamaah shalat tarawih di […]