Vitamin C Bagus Untuk Tubuh, Tapi Awas Jangan Berlebih !

TABALONG – Tahukah anda,  ternyata kebutuhan harian vitamin C yang kita butuhkan per harinya tidaklah terlalu banyak. Berdasarkan Permenkes, laki laki usia 16 hingga 64 tahun hanya membutuhkan 90 miligram vitamin c perharinya, sedangkan perempuan diusia yang sama, hanya memerlukan 75 miligram vitamin C perharinya.

Oleh karena itu, konsumsi suplemen dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi tidaklah dianjurkan. Pasalnya menurut american journal of clinical nutrition, tubuh manusia hanya mampu mengolah 120 hingga 2000 miligram vitamin C setiap hari.

Seperti yang dijelaskan ahli gizi, catur yudha murtopo, mengkonsumsi vitamin C di atas 2000 miligram perhari tidak baik untuk kesehatan. Pasalnya akan menimbulkan efek negatif, seperti diare, mual dan muntah hingga batu ginjal. Terlebih lagi jika kita memiliki riwayat diabetes, kadar vitamin C yang kita konsumsi harus benar benar dijaga. 

 “Efek dari vitamin c kelebihan dosisnya tadi bisa menyebabkan diare mual muntah dan segala macamnya yang mungkin kita tidak menyadari itu nanti apalagi misalnya punya penyakit gula penyakit kencing manis itu juga sangat berbahaya bagi kesehatannya alih alih ingin sehat ternyata malah sakit.” Kata Catur Yudha Murtopo-Kasi Kesejahteraan Keluarga Dan Gizi.

Ia menambahkan, menurut penelitian dari institute of medicine’s food and nutrition board di amerika serikat,  2000 miligram per hari merupakan batas ambang wajar seseorang mengkonsumsi vitamin C. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Relawan Tabalong Galang Donasi Bantu Korban Banjir di Kalimantan Tengah

Rab Sep 15 , 2021
TABALONG – Aliansi Tabalong Peduli melakukan aksi turun ke jalan untuk menggalang donasi bagi korban banjir yang terjadi di provinsi Kalimantan Tengah. Penggalangan donasi ini dilaksanakan sejak 6 hingga 9 September 2021. Banjir yang terjadi di Kalimantan Tengah merendam 7 Kabupaten, sehingga sekitar 17.800 rumah warga terdampak akibat banjir besar […]