Virus Corona Masih Mengancam Tabalong, Sayangnya Banyak Warga Nekat Bukber

Tabalong – Sembuhnya 4 pasien covid-19 Tabalong, membuat Kabupaten ini nihil kasus positif covid-19. Sayangnya status nihil positif covid-19 yang saat ini disandang Tabalong, justru disalahartikan oleh masyarakat.

Dari pantauan Tim TV Tabalong, saat ini banyak masyakat yang melonggarkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19. Masyarakat tak lagi khawatir keluar rumah untuk berkumpul bersama orang banyak. Rumah makan dan restoran ramai oleh pengunjung yang ingin berbuka puasa bersama kerabat.

Bahkan aturan menjaga jarak atau physical distancing tak lagi diindahkan, baik oleh konsumen maupun pemilik usaha. Penggunaan masker pun sebagian besar sudah ditanggalkan, terlebih kegiatan mencuci tangan.

Padahal tidak ada jaminan bahwa di Tabalong benar-benar terbebas dari sebaran virus corona. Karena hingga saat ini di kabupaten Tabalong belum pernah dilakukan pemeriksaan massal terkait virus corona. Terlebih tabalong dikelilingi oleh zona merah covid-19, bahkan kasus positif covid-19 di kalimantan selatan terus mengalami lonjakan.

Kegiatan masyarakat yang seolah bebas dari ancaman corona ini, justru akan membebani tugas tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 tabalong. Pasalnya pasca selesai menangani pasien covid-19, pemerintah justru meningkatkan kewaspadaan. Baik dengan cara meningkatkan screening ditengah masyarakat untuk memastikan tabalong bersih dari corona, maupun melakukan upaya pencegahan masuknya virus corona dari luar ke Tabalong.

Padahal perang terhadap virus corona ini tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh pihak pemerintah saja. Justru masyarakat memiliki peran paling besar dalam memutus rantai penyerabaran virus corona, yaitu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. (Tim)

Next Post

Tim Medis : Jika Masyarakat Tidak Patuhi Anjuran Pemerintah, Kasus Corona Kembali Muncul

Sen Mei 25 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Longgarnya kepatuhan masyarakat Tabalong terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19, berpengaruh besar pada beban yang dipikul Tim Gugus Tugas P2 Covid-19 Tabalong. Saat ini anjuran pemerintah terkait jaga jarak, memakai masker, dan lainnya mulai lalai diterapkan […]
error: