UPPB Karya Bersatu Difasilitasi Alat Penyadaian Untuk Tingkatkan Kadar Kekeringan Karet

HARUAI – Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani kembali mengingatkan para petani, untuk meningkatkan kualitas karet dengan meningkatkan kadar kering karet atau K3. Sehingga para petani dapat menjual karet dengan harga yang lebih tinggi.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Anang saat meresmikan gudang UPPB Karya Bersatu di Desa Wirang Kecamatan Haruai, Senin (18/01).

Untuk mewujudkan harga karet yang tinggi pemerintah Kabupaten Tabalong telah membangun gudang bagi UPPB, yang dilengkapi dengan rak penyadaian, salah satunya di UPPB Karya Bersatu.

Ketua UPPB Karya Bersatu, Urul Yani mengatakan, melalui rak penyadaian yang ada di gudang pihaknya mengeringkan karet selama 1 hingga 2 minggu, sehingga menghasilan karet dengan kadar kering yang tinggi

“Ada rak ini untuk penyadaian, penyadaian untuk pengeringan karet itu. Ini didiamkan dulu sampai 2 minggu sampai seminggu tergantung, nantikan keluar hasil kadar keringnya itu meningkat daripada yang habis dikirim, habis dipanen dikirim ke pabrik itu kadar keringnya agak dibawah,tapi kalo kami ya sadai itu menjadi kadar keringnya, k3 nya itu.” Jelasnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Tabalong, Saswoko menjelaskan upaya peningkatan kualitas karet ini termasuk program prioritas kabupaten, bernama Gemas Mekar (Gerakan Masyarakat Meningkatkan Mutu Bokar atau Bahan Olahan Karet). 

Melalui program ini, pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan petani karet dengan meningkatkan kualitas karet yang dihasilkan petani.

“Dalam hal inikan kabupaten menghendaki program prioritas salah satunya adalah Gemas Mekar, gerakan masyarakat meningkatkan mutu bokar, gemas mekar. Salah satu program yang digunakan untuk mencapai program prioritas Bupati gemas mekar itu adalah UPPB ini gitu.” Ungkap Saswoko.

Hingga saat ini, Pemkab Tabalong telah membentuk 31 UPPB. Untuk mendorong terlaksananya program Gemas Mekar, pemerintah juga telah memberikan bantuan berupa gudang UPPB sebanyak 15 unit, dan alat pirolisis atau pembuat asap cair sebanyak 7 unit.

Pemkab menargetkan di tahun 2024, dapat memberikan bantuan gudang dan mesin pembuat asap cair masing-masing bagi 24 UPPB. (Alfi Syahrin)

Next Post

Resmikan Gudang UPPB di Desa Wirang, Anang Syakhfiani Berpesan Ini…

Kam Jan 21 , 2021
HARUAI – Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, meresmikan gudang Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar atau Bahan Olahan Karet (UPPB) Karya Bersatu di Desa Wirang Kecamatan Haruai, Senin (18/01). Selain itu, Anang Syakhfiani juga menandatangani prasasti peresmian 4 UPPB lainnya. Yaitu UPPB Mudah Bauntung Desa Burum Kecamatan Bintang Ara, UPPB Karya Makmur […]