Ujian Nasional Dihapuskan, Aspek Nilai Kelulusan Ditentukan Pihak Sekolah

Tabalong – Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia resmi menghapus ujian nasional tahun 2020, karena pandemi covid-19. Nilai ujian nasional akan diganti dengan rekap penilaian yang ada di sekolah masing-masing. Penilaian tersebut diambil dari nilai raport selama 5 semeter terakhir, dan diakumulasi dengan tugas-tugas online yang diberikan guru selama proses belajar di rumah.

Hal ini pun dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Tabalong, Akhmad Rizali Noor. Ia menjelaskan ujian nasional dapat digantikan dengan ujian sekolah dalam bentuk online, yang dikombinasi dengan hasil raport yang dimiliki siswa.

namun ujian sekolah dapat dilaksanakan dalam bentuk portofolio, nilsi raport, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya baik dari penugasan, test dalam jaringan maupun dalam bentuk asisment jarak jauh lainnya.” ujar Rizali Noor.

Kepala sekolah SMPN 4 Tanjung, Lisa Sanora mengatakan pihak sekolah telah melaksanakan ujian sekolah berbasis dalam jaringan yang dapat diakses siswa melalui web sekolah.

untuk kelulusan dimbil nilai dari semester 1 sampai dengan semester 5 jadi nilai rata rata dari 1 sampai 5 itu untuk nilai rata rata raport dan kemudian untuk kelulusan nilai sttb itu nilai semester 6 ditambah dengan nilai ujian berbasis dalam jaringan itu kita rata-ratakan itulah nanti yang kita muat ke dalam nilai ijazah” kata Lisa Sanora.

Ujian yang dilaksanakan SMP Negeri 4 Tanjung merupakan ujian berbasis dalam jaringan, melalui web sekolah yang dipantau langsung oleh guru di sekolah sebagai operator, dan bekerja sama dengan orang tua siswa yang menjadi pengawas langsung di rumah masing masing. (Gazali)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Komisi 1 DPRD Tabalong Imbau Orang Tua Awasi Anak Saat Belajar Di Rumah

Sab Apr 18 , 2020
Tabalong – Untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19, Pemerintah Kabupaten Tabalong telah mengeluarkan surat edaran terkait pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa tanggap darurat penyebaran covid 19. Yakni peserta didik diminta melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah, menggunakan sistem daring atau online. Dan para guru pun memberi tugas-tugas pendalaman materi […]