Uji Publik KLHS Untuk Revisi RPJMD Tabalong Hasilkan 7 Isu Prioritas

TVTABALONG – Setelah menetapkan isu kajian lingkungan hidup strategis revisi RPJMD, pemerintah kabupaten Tabalong menggelar uji publik pada 31 Mei 2021 fi tanjung. Uji publik untuk menajamkan isu isu strategis KLHS yang akan diangkat dalam RPJMD.

Pada uji publik ini, Pemkab fokus pada isu prioritas pembangunan berkelanjutan. Isu prioritas ini didapatkan berdasarkan isu strategis dari masukan para SKPD di fokus grup discussion yang digelar sebelumnya. Kemudian isu strategis dari hasil capaian tujuan pembangunan berkelanjutan, dan isu strategis yang didapatkan dari kajian 6 muatan.

Tenaga ahli KLHS Revisi RPJMD Kabupaten Tabalong dari Universitas Lambung Mangkurat, Syarifuddin Kadir, mengatakan, dari 3 sumber isu strategis ini, ditentukan 7 isu prioritas. Kemuadian akan dikaji untuk menentukan alternatif dan rekomendasi guna mencapai target tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Berdasarkan 3 sumber isu strategis ini, hari ini alhamdulillah kita menentukan isu prioritas, ada 7, 7 isu prioritas itu akan kita kaji kedepan untuk menentukan alternatif dan rekomendasi untuk mencapai target tujuan pembangunan berkelanjutan, jadi rekomendasi itu terkait dengan sasaran, terkait dengan program, terkait dengan kegiatan dan terkait skpd siapa yang melaksanakan program itu” Kata Syarifuddin Kadir, Tenaga Ahli Klhs Revisi RPJMD Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice mengharapkan agar kajian lingkungan hidup strategis ini dapat terselesaikan sesuai dengan yang direncanakan. Dengan partisipasi dari seluruh pihak diharapkan rpjmd ini dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

“Harapan kedepannya kita akan menyelesaikan, kajian lingkungan hidup strategis untuk revisi rpjmd ini sesuai dengan yang kita rencanakan, dan mudah mudahan dengan partisipasi semua pihak maka hasil yang di dapatkan nanti untuk kaitan dengan rekomendasi kepada kesempurnaan rpjmd dan kemudahan kita dalam mewujudkan agar bisa tercapai dengan baik” Kata Rowi Rawatianice, Kepala DLH Tabalong.

Uji publik KLHS Revisi Rpjmd ini menghasilkan 7 isu prioritas, antara lain, kemiskinan, pendidikan berkualitas, air bersih dan sanitasi layak, penanggulangan bencana, industri, inovasi dan infrastruktur, pekerjaan layak, serta kinerja pemerintah daerah atau layanan publik. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Satgas Covid-19 Murung Pudak Cek Kesiapan PTM di SMAN 2 Tanjung

Sel Jun 8 , 2021
TVTABALONG – Jelang pembelajaran tatap muka tahun ajaran mendatang, tim satgas covid-19 kecamatan murung pudak memverifikasi kesiapan penerapan protokol kesehatan di sma Negeri 2 Tanjung, pada rabu dua Juni 2021. Verifikasi lapangan dilakukan sesuai permintaan pihak sekolah kepada tim satgas covid-19, untuk mendapatkan surat rekomendasi pembelajaran tatap muka, yang akan […]