U-turn Expo Center Mabuun Bakal Dibuka, Dishub Akan Pasang Alat Ini…

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Perhubungan berencana membuka kembali median jalan yang berada di depan Tanjung Expo Center, Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak. Rencana pembukaan median jalan ini menyusul banyaknya aduan masyarakat terkait jauhnya akses putar balik di jalan ini, yang harus dilakukan didepan kantor DPRD Tabalong, pasca penutupan akses putar balik yang berada di depan kantor BNI.

Sejak akhir maret lalu Dinas Perhubungan yang berkoordinasi dengan Polres Tabalong memang menutup akses putar balik disini, lantaran rawan terjadi pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan kecelakaan. Dalam satu tahun terakhir, Satlantas Polres Tabalong bahkan mencatat 25% pelanggaran lalu lintas terjadi di lokasi ini.

 “Selama 1 tahun saya disini 25% pelanggaran itu ada di u-turn di depan BNI. Mengapa sudah ada himbauan untuk larangan tidak boleh berputar balik, tapi masyarakat tetap melaksanakan putar balik. Yang kedua, adanya kecelakaan yang mengakibatkan 1 orang luka ringan.” Kata Kasatlantas Polres Tabalong, IPTU Narendra Rian Agusta.

Rencana pembukaan median jalan di depan Tanjung Expo Center juga ditujukan untuk meminimalisir angka pelanggaran. Kepala Dinas Perhubungan Tabalong, Tumbur Manalu menjelaskan pembukaan median jalan di depan Tanjung Expo Center akan dilakukan bertahap, karena akan dilengkapi terlebih dulu dengan Area Traffic Control System (ATCS), atau sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi.

 “Itu akan kita buka, akan kita realisasikan setelah semua unit alat yang terkait dengan ATCS tersebut sudah dipasang baru nanti persimpangan situ, pembatas median yang ada itu akan kita buka. Jadi selama pengerjaan ini, pengerjaan ATCS ini sebelum itu rampung atau selesai, masih..jadi masih mediannya…” Jelas Kepala Dishub Tabalong, Tumbur P. Manalu.

Pemasangan atcs di persimpangan Expo Center ini untuk mengontrol arus lalu lintas, sehingga memudahkan akses warga menuju mal pelayanan publik dan pasar modern Mabuun. Alfi Syahrin.

Next Post

Kontrol Lalu Lintas, Pemkab Tabalong Bakal Pasang ATCS

Kam Apr 22 , 2021
TVTABALONG – Tabalong menjadi Kabupaten pertama, selain Ibukota Provinsi, yang menerima bantuan pemasangan Area Traffic Control System (ATCS) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Bantuan ATCS diberikan untuk delapan titik lokasi persimpangan, diterima melalui Balai pengelola transportasi jalan wilayah 15 Banjarmasin. Delapan titik lokasi persimpangan yang akan dipasang ATCS ini, enam […]