TPS 3R Dibangun di Sei Buluh, Kepala BPD Harapkan Jadi Peluang Kerja

TVTABALONG – Kementerian PUPR Republik Indonesia melalui balai pengembangan permukiman wilayah Kalimantan Selatan, memberikan bantuan pembangunan tempat pengolahan sampah reduce reuse recycle (TPS 3R), yang dibangun di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Kelua. Seperti yang terpantau pada 14 Juni 2021, pembangunan sudah mencapai 75 persen. Bantuan diberikan sebagai bentuk apresiasi, atas kinerja Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong dalam pembangunan, dan pengelolaan TPS 3R di Kabupaten Tabalong, sejak tahun 2018.

Terpilihnya pembangunan TPS 3R di Sungai Buluh ini, berdasarkan penilaian dari tim balai pengembangan permukiman wilayah Kalsel, secara seleksi lokasi partisipatif. Komponen penilaian seperti kesiapan lahan dan sistem pengelolaan masyarakat setempat, sebagai cikal bakalnya.

 “Pertama adalah kesiapan lahan, kemudian yang kedua itu pengelolaannya sendiri, kemudian adalah iuran, sudah berjalan kada sistem-sistem pengelolaan oleh masyarakat ini sudah ada cikal bakalnya kada. Nah itu adalah komponen-komponen yang di inikan, jadi kami DLH memfasilitasi semua itu, tapi penentuan siapa yang dapat dan kada itu kami kada punya kapasitas, tapi ada tim yang menilainya,” Kata Rowie Rawatianice, Kepala DLH Tabalong.

Kepala badan permusyawaratan desa sungai buluh, hamdani, merasa bersyukur atas perjuangan aparat dan perangkat desa setempat, yang membuahkan hasil menghadirkan TPS 3R. Menurutnya keberadaan TPS 3R berdampak positif pada ekonomi masyarakat, dalam pengelolaan daur ulang sampah kering, dan pengolahan sampah basah menjadi pupuk.

 “Disana ada menimbulkan efek positifnya seperti nanti bisa mempekerjakan masyarakat kami disini untuk di bagian persampahan, kenapa? Itu nanti dibuat untuk semacam daur ulang, kemudian sampah yang basah bisa dibuat untuk pupuk, nanti dibuat pupuk.” Kata Hamdani, Kepala BPD Sei Buluh.

Pembangunan TPS 3R ini memperoleh suntikan dana sebesar 600 juta rupiah, yang dikelola kelompok swadaya masyarakat (KSM) Buluh Berjaya. Selanjutnya untuk pengelolaan akan diserahkan kepada Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP), yang akan dibimtek terlebih dahulu oleh DLH Tabalong sebelum pembangunan TPS 3R selesai. (Alfi Syahrin).

Next Post

DLH Tabalong: TPS 3R Sei Buluh Bantu Kurangi Sampah di TPA Kelua

Sen Jun 21 , 2021
TVTABALONG – Di tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Tabalong memperoleh bantuan dari Kementerian PUPR Republik Indonesia, berupa pembangunan dua unit tempat pengolahan sampah reduce reuse recycle (TPS 3R), yang ditempatkan di Desa Sungai Buluh Kecamatan Kelua ini, serta di Desa Garunggung Kecamatan Tanjung. Keberadaan TPS 3R di Sungai Buluh ini, merupakan […]