Tips Menjaga Pola Makan Saat Berbuka Puasa

TVTABALONG – Waktu berbuka puasa menjadi momen penting bagi umat muslim. Saat berbuka seakan menjadi waktu membalas haus dan lapar yang ditahan seharian. Tidak heran banyak yang mempersiapkan berbuka puasa dengan beragaman makanan dan minuman manis.

Hal ini tentunya akan berdampak bagi kesehatan kita. Padahal menjaga pola makan untuk kesehatan selama berpuasa sangat penting. Dokter Iqbal Fida menyarankan mengkonsumsi makanan manis saat barbuka sebaiknya dilakukan bertahap dan tidak berlebihan.

 “Identik dengan berbukalah dengan yang manis seperti itu , jadi bertahap saja misalkan berbuka dengan yang manis misal kurma saja seperti itu kemudian minum air putih, kemudian jadikan setengah sampai 1 jam kemudian baru makan yang besar, jangan langsung makan yang besar seperti itu.” Kata dr. Iqbal Fida Maulana.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak juga tidak dianjurkan secara berlebihan saat berbuka puasa. Pasalnya dapat memacu peningkatan kolesterol.

Selain itu, Dokter Iqbal juga tidak menyarankan berbuka puasa dengan mengkonsumsi minuman mengandung es batu atau minuman dengan suhu berlebihan. Karena banyak ditemukan kasus minuman ber es batu dapat memicu peradangan dalam tubuh. (Rangga).

Next Post

Tips Menjaga Kebugaran Selama Berpuasa

Sen Apr 26 , 2021
TVTABALONG – Untuk menjaga kebugaran selama berpuasa, tidur yang cukup sangat disarankan dengan waktu minimal 4 sampai dengan 6 jam selama satu hari. Selain itu, selama berpuasa juga tetap disarankan untuk berolahraga. Dokter Iqbal Fida maulana menyarankan, olahraga selama bulan ramadhan dapat dilakukan selama 15 hingga 20 menit setelah berbuka […]