Tinjau Lokasi Longsor, Bupati Anang Langsung Sampaikan Solusi Ini….

Tabalong – Bupati Tabalong bersama Kapolres dan Dandim 1008 Tabalong, meninjau lokasi longsor yang terjadi di RT 3 Kelurahan Belimbng Raya Kecamatan Murung Pudak pada 28 Januari 2022. Sebelumnya, longsor yang terjadi di sisi sungai Tabalong ini mengakibatkan beberapa rumah warga amblas ke sungai.

Dalam tinjauan ini, Bupati Anang menyampaikan sejumlah solusi pada warga yang terdampak. Solusi jangka pendek seperti memerintahkan Dinas PUPR Tabalong untuk meminta balai sungai membangun tembok penahan air, untuk mencegah pergeseran tanah. Selain itu bpbd dan dinas sosial juga diinstruksikan untuk merenovasi bagian rumah warga yang rusak, mengedukasi warga terkait tanda longsor susulan, serta mendirikan dapur umum.

Bupati Anang juga menyampaikan rencana penanganan jangka panjang, yaitu merelokasi rumah warga yang rawan bencana ke wilayah yang lebih aman, serta rencana membangun rumah susun.

“ Yang paling penting tu untuk jangka pendek, termasuk tadi saya minta kadis PUPR supaya pihak balai membangun semacam penahan air supaya arus air itu tidak kesini, kalau kesini maka kita tidak bisa membayangkan rumah ini jadi runtuh lagi, dan yang terakhir kami mohon warga bisa tetap waspada dan pemerintah Tabalong tentu akan berada dibelakang mereka” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Selain itu, Kapolres beserta dandim yang juga ikut meninjau lokasi longsor, juga meminta kepada anggotanya untuk membantu masyarakat yang terdampak akibat bencana ini. Penyebab terjadinya longsor ini masih dikaji oleh pihak terkait, sehingga dapat mencarikan solusi yang tepat untuk menanggulangi bencana tersebut. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Longsor Di Tanjung, Komisi 3 DPRD Tabalong Siap Kawal Usulan Warga

Sab Jan 29 , 2022
Tabalong – Komisi 3 DPRD Tabalong mengunjungi lokasi jalan di samping Jembatan Cendrawasih, yang terputus akibat longsor. Kunjungan ini untuk memantau langsung kondisi dan keadaan tanah serta rumah warga yang berada di sisi lokasi longsor ini. Longsor mengakibatkan Jalan Alternatif ke Pasar Tanjung selebar 4 meter ini, amblas ke Badan […]