Tinjau Jalan Provinsi Rusak Di Santuun, Ini Langkah Komisi 3 DPRD Tabalong

Tabalong – Komisi Tiga DPRD Tabalong, bersama Dinas PUPR dan aparat Kecamatan Muara Uya, meninjau jalan rusak di Desa Santuun, kecamatan Muara Uya, pada 8 april 2020. Tinjauan ini dilakukan, sebagai tindaklanjut dari aduan masyarakat setempat, yang mengeluhkan kerusahakan jalan.

Kerusakan jalan di desa santuun terjadi sepanjang empat kilometer. Tiga kilometer diantaranya merupakan jalan provinsi, dan satu kilometer jalan lainnya merupakan jalan kabupaten. Kerusakan jalan terparah ada di bagian jalan provinsi, sehingga Komisi Tiga DPRD Tabalong akan mengupayakan ke pihak provinsi, agar segera menindaklanjuti kerusakan jalan.

“Yang di desa santuun itu umurnya sudah hampir 14 tahun, belum ada pernah perbaikan. Jadi mudah-mudahan nanti yang sudah umur kadaluwarsa itu nanti secepatnya untuk pihak provinsi menindaklanjuti.” Kata Supoyo, Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

Kepala Desa Santuun, Irham Hajati, mengungkapkan bahwa aparat desa secara swadaya membeli batu guna menambal jalan berlubang. Meski dengan jumlah dana yang terbatas, perbaikan dapat memberi rasa aman bagi pengguna jalan yang melintas. Selain perbaikan jalan, ia juga berharap jembatan di desa tersebut bisa diperbaiki. Pasalnya jembatan yang dibangun sejak tahun 1936 ini, telah mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Kalo harapanku masalah jalan ini ya sesegeranya lah dibenahi diaspal, paling kada, ya minimum lah ada perawatannya agar masyarakat itu bisa lewat dengan nyaman, kekanakan sekolah jangan sampai bulik terabah belicak awaknya, kan kaitu kalo bahasa kita. Kalo jembatan itukan jembatan buatan tahun 1936, itu beberapa orang udah jatuh ke sungai, karena tergelincir di papan rel itu, jadi sangat membahayakan.” ujar Irham.

Masyarakat setempat juga melarang mobil yang berisi muatan berat, untuk melintasi jembatan tersebut. Dikarenakan daya tahan jembatan yang sudah berkurang. (Alfi)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Komisi III Tinjau Jalan Longsor Simpung Layung

Sab Apr 11 , 2020
Tabalong – Komisi Tiga DPRD Tabalong, bersama Dinas PUPR dan aparat Kecamatan Muara Uya, meninjau jalan longsor di Desa Simpung Layung, Kecamatan Muara Uya. Longsor terjadi hampir separuh badan jalan, akibat terkikis aliran sungai. Hal ini pun membuat pengguna jalan, terutama roda empat mengalami kesulitan saat berpapasan dengan pengendara lain. […]