Tinjau Jalan Bumi Makmur, Komisi III DPRD & PUPR Sepakat Peningkatan Jalan Dilanjutkan

TABALONG – Ruas jalan utama di Desa Bumi Makmur, Kecamatan Bintang Ara, mempunyai panjang jalan hingga enam kilometer. Sepanjang 900 meter sudah dilakukan peningkatan dengan diaspal pada tahun 2019 lalu, dan sepanjang  5,1 kilometer kembali diusulkan oleh pemerintah desa setempat untuk ditingkatkan.

Kepala Desa Bumi Makmur, Exy Setyawati menceritakan, selain sebagai akses utama warganya, jalan ini juga sering dilewati warga lainnya di Kecamatan Bintang Ara, yang mempunyai lahan perkebunan di desa mereka.

“Ini akses yang utama untuk digunakan masyarakat untuk menghubungkan satu desa ke desa yang lain, untuk ke kabupaten, juga untuk ke perkebunan masyarakat, dan digunakan tidak hanya untuk warga kami bumi makmur, tapi juga hampir seluruh warga kecamatan bintang ara memang melewati jalan ini, karena perkebunan mereka kebanyakan berada di wilayah kami.” Kata Exy Setyawati, Kepala Desa Bumi Makmur.

Sekretaris komisi III DPRD Tabalong, Dahli menjelaskan, dikarenakan baru diusulkan pada tahun ini, kemungkinan peningkatan jalan dilakukan tahun depan. Meski demikian, ia berharap peningkatan jalan dapat dilakukan secara bertahap, melalui APBD perubahan 2021.

 “Kalo berdasarkan aspirasi reses mungkin di tahun depan, karena kita baru kemarin mengusulkan. Cuman masyarakat disini juga berharap, kalo bisa dari 5 kilometer yang tersisa, paling ndak kalo bisa misalnya di perubahan anggaplah 1 kilo dulu atau 2 kilo, sesuai dengan kemampuan pemerintah daerah.” Kata Dahli, Sekretaris Komisi III DPRD Tabalong.

Kasi preservasi jalan dan jembatan Dinas PUPR tabalong, Sabani Hasbi menuturkan, berdasarkan hasil tinjauan kondisi jalan memang sudah rusak, dan akan coba diusulkan terlebih dahulu melalui apbd perubahan 2021.

 “Kalo kita melihat ini jalannya kondisinya memang rusak, jadi nanti kita akan mencoba usulkan apakah melalui mekanisme perubahan ataukah melalui tahun anggaran 2022.” Kata Sabani Hasbi, Kasi Preservasi Jalan & Jembatan Dinas Pupr Tabalong.

Sabani hasbi mengatakan, selanjutnya proses pengusulan akan dilakukan melalui Dinas terlebih dahulu, kemudian dibahas kembali dalam rapat bersama DPRD. (Alfi Syahrin).

Next Post

PPKM Level 3 Tabalong Akan Berakhir, 3 Indikator Ini Jadi Bahan Evaluasi

Sen Agu 9 , 2021
TABALONG – Pada 8 Agustus, PPKM level tiga di Tabalong akan berakhir. namun belum dapat dipastikan PPKM level tiga diperpanjang atau diturunkan. penentuan ini didasari Asesmen Menteri Kesehatan yang meliputi tiga indikator. salah satunya jumlah terkonfirmasi positif, 150 pasien per 100ribu penduduk. sedangkan di Tabalong sendiri dalam beberapa hari terakhir […]