Tingkatkan Kesejahteraan, Warga Tanta Dilatih Bikin Produk Home Industri

TABALONG – Kelompok Prima Desa Tanta menjadi satu-satunya yang terpilih dari 36 Kelompok Prima di Tabalong, untuk mengikuti pelatihan industri rumahan dan model usaha desa prima. Pelatihan diberikan Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan akan provinsi kalsel pada 2 Juli 2021 di Desa Tanta.

Pelatihan yang diikuti kelompok Prima Desa Tanta diisi 25 orang ibu rumah tangga, dengan jenis pelatihan berupa pembuatan kue kering. Kepala DP3AP2KB Tabalong, rusmadi berharap Kelompok Prima Desa Tanta dapat mengaplikasikan pelatihan ke dunia usaha, sehingga bisa menjadi sumber pendapatan keluarga.

“ini kita berharap dari pelatihan ini, khususnya ibu ibu rumah tangga yang terdapat di kelompok prima ini, mereka dapat  memproduksi industri rumahan, karena kegiatan ini utamanya adalah di peruntukan untuk industri rumahan, sehingga pada prinsipnya mereka nantinya akan mendapatkan income keluarga yang dapat membantu ketahanan ekonomi keluarga” Kata Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga DPPPA Provinsi Kalsel, titik haryanti, mengaku bangga pada antusias para ibu rumah tangga di kelompok prima desa tanta. Ia meyakini peserta pelatihan ini dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam menambah pendapatan keluarga.

“Antusias sekali ibu ibu didesa Tanta untuk melaksanakan pelatihan ini, dan sepertinya saya mempunyai keyakinan bahwa ibu ibu bisa mendapatkan didalam kehidupan dirumah tangga untuk berusaha mengembangkan dan sebagai wirausaha dalam hal pengolahan kue kering yang pada dasarnya sangat banyak diperlukan di masyarakat ini, apalagi pada saat momen momen lebaran yang permintaan cukup besar.” Kata Titik Haryati, Kabid KHPK DPPPA Kalimantan Selatan.

Kabupaten Tabalong sendiri menjadi Kabupaten ke 6 yang mendapat pelatihan dari DPPPA Kalsel ini. Sedangkan Kelompok Prima Desa Tanta ditunjuk sebagai peserta pelatihan yang mewakili Tabalong. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Pemdes Tanta Komitmen Berikan Pemberdayaan Bagi Masyarakat

Kam Jul 8 , 2021
TABALONG – Sebanyak 25 perempuan di Kelompok Prima Desa Tanta mengikuti pelatihan industri rumahan dan model usaha desa prima, yang diberikan dinas pppa kalsel di kantor desa Tanta pada 2 Juli 2021. Jenis pelatihan kali ini berupa pembuatan kue kering, sebagai upaya memberdayakan perempuan, untuk membantu perekonomian keluarga. Kepala Desa […]