Tingkatkan Ekonomi Melalui Peningkatan Kualitas Keluarga

TABALONG – Melalui program peningkatan kualitas keluarga di Desa Jaro Kecamatan Jaro, DP3AP2KB Tabalong telah menargetkan pemulihan ekonomi dari tingkat desa, dengan melakukan pendataan tingkat ketahanan keluarga. Data tersebut untuk di rekomendasikan kepada SKPD terkait agar dapat ditangani dan sesuai program masing-masing SKPD.

Dari penilaian dinas P3A provinsi kalsel, desa jaro telah masuk dalam indeks ketahanan keluarga yang cukup tinggi di beberapa dimensi, dari segi legalitas dan struktur, ketahanan fisik, ekonomi, sosial psikologis, sosial budaya, maupun kemitraan gender. Akan tetapi pada dimensi ekonomi masih perlu adanya pembinaan khususnya di bidang peternakan.

Kepala Dinas P3AP2KB Tabalong, rusmadi menuturkan, program peningkatan kualitas keluarga tidak hanya mengejar penilaian dari pihak provinsi, tetapi memiliki tujuan khusus, yakni untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa, terlebih di situasi pandemi covid-19 saat ini.

 “Ini akan kita benahi dan akan kita koordinasikan kepada SKPD terkait agar semuanya itu dalam dua bulan ini bisa teratasi dengan baik sebenarnya bukan penghargaan yang kita cari, artinya dalam dua bulan ini secara maksimal tapi kedepannya itu untuk selalu kita bina sehingga semua keluarga yang ada di desa jaro itu pendapatannya meningkat.” Kata Kepala Dinas P3AP2KB Tabalong, Rusmadi.

Rusmadi menambahkan, program ini juga akan berjalan setiap tahunnya, menyasar ke berbagai desa yang ada di Kabupaten Tabalong, guna menciptakan masyarakat desa yang mandiri. (Gazali Rahman).

Next Post

Desa Jaro Wakili Tabalong di Ajang Kompetisi Tingkat Kalsel

Jum Jul 2 , 2021
TABALONG – Selain SKPD, tim penggerak pkk dan instansi terkait lainnya, Desa Jaro bersama Unsur Kecamatan dihadirkan, dalam rapat koordinasi yang di gelar DP3AP2KB, di Wisma Tamu Bersinar pada 30 Juni 2021.  Rakor digelar untuk mengevaluasi capaian Desa Jaro sebagai pelaksana peningkatan kualitas keluarga. Dengan luas wilayah 97 km persegi, […]