Terong Hingga Cabe Rawit Jadi Faktor Penahan Inflasi Tabalong

TVTABALONG – Selama bulan Mei 2021, atau bertepatan dengan momen lebaran, kota tanjung mengalami inflasi sebesar 0,31%. Atau terjadi peningkatan indeks harga konsumen sebesar 107,64 % pada bulan tersebut.

Inflasi pada bulan Mei 2021 terjadi karena adanya peningkatan harga pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau, sebesar 0,52%. Penyumbang inflasi terbesar pada bulan Mei berasal dari komoditas daging ayam ras sebesar 0,1748%.

Kordinator fungsi statistik distribusi BPS Tabalong, dessy perdana mengatakan, selain daging ayam ras sebagai penyumbang inflasi, ada juga tomat, emas perhiasan, minyak goreng, dan daun seledri.

“Kalau inflasi itu untuk bulan ini itu di apa, di dorong oleh daging ayam ras, ada tomat, ada emas perhiasan, minyak goreng, dan daun seledri” Kata Kordinator Fungsi Statistik Distribusi, Dessy Perdana.

Selain pendorong inflasi, juga ada beberapa komoditas sebagai penahan inflasi, yakni cabe rawit, terong, cabe merah, telur ayam ras, dan cumi-cumi. Cabe rawit pun tercatat paling besar berperan sebagai penahan inflasi dibanding komoditas lainnya, yakni sebesar -0,1301%. (Maria Ulfah).

Next Post

Mei 2021 Kota Tanjung Inflasi 0,31%, Daging Ayam Ras Jadi Penyumbang Terbesar

Rab Jun 9 , 2021
TVTABALONG – Pada momen hari raya idul fitri  bulan Mei lalu, terpantau sejumlah harga bahan pokok mengalami kenaikan. Salah satunya harga daging ayam ras yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan. Kenaikan harga  didorong oleh banyaknya permintaan konsumen, sedangkan pasokan daging ayam ras tetap sama seperti bulan sebelumnya, sehingga membuat terjadinya […]