Terima Vaksinasi Dosis 3, Ini Yang Dirasakan Nakes Tabalong…

TABALONG – Vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan mulai dilaksanakan di Kabupaten Tabalong, salah satunya di RSUD Haji Badaruddin Kasim, pada Kamis 19 Agustus 2021. Vaksinasi dengan jenis moderna ini merupakan pertama kalinya dilakukan di tabalong, karena sebelumnya vaksinasi menggunakan sinovac.

Para tenaga kesehatan yang telah disuntik vaksin jenis ini mengakui gejala yang dirasakan tak jauh berbeda, saat penyuntikkan dengan vaksin sinovac.

 “Jadikan tadi habis dari vaksin moderna baru 30 menit. Untuk reaksinya itu belum terlalu keliatan, kita liat selama 2 hari. Terus sama sebelumnya sinovac juga kurang lebih aja sama, agak ngilu sedikit aja. (Pas masuk vaksin ke dalam tubuhnya pas pertama kali suntikan itu bagaimana?) Ga ada keluhan sih. Aman-aman ajalah.” Kata dr. Novita Rahmawati, Dokter Internsip RSUD Haji Badaruddin Kasim.

 “Kalo untuk saat ini setelah baru divaksin masih belum terasa apa-apa. Cuman pengalaman dari teman-teman yang sudah divaksin moderna itu angka KIPI-nya sangat tinggi, kejadian ikutan pasca imunisasinya. KIPI yang paling besar itu adalah nyeri, nyeri di area bekas suntikan. Kalo sinovac relatif lebih aman dari KIPI.” Kata dr. Kadhafi, Ketua IDI Tabalong.

Vaksinasi dosis ketiga dengan moderna, juga dilakukan di puskesmas mabuun. Para nakes pun menceritakan pengalamannya, 24 jam pasca disuntik vaksin jenis baru ini. Gejala yang dirasakan bervariasi setiap orang, diantaranya nyeri di area suntikan, badan dan tangan terasa pegal, serta demam.

 “Pada saat suntik moderna kemarin ga ada reaksi apa-apa sih, sampai dengan 6 jam kemudian yang saya rasakan bekas suntikan agak mulai nyeri-nyeri sedikit, kemudian setelah 10 jam saya rasakan mulai agak terasa sakitnya. Tapi gak terlalu seperti yang kata orang, masih bisa ngangkat tanganlah, tapi tidak bisa yang langsung ke atas.” Kata Yunita Herlina, Vaksinator Puskesmas Mabu’un.

 “Waktu vaksin sih tidak ada, enak aja waktu pas vaksinnya ga ada keluhan apa-apa. Tapi setelah malam sekitar jam 8 itu sudah mulai merasa ga enak tuh badan. Habis itu kayak mulai udah dingin gitu, kayak meriang-meriang gitu. Habis itu tadi malam udah, alhamdulillah udah ga demam lagi, jadi sekitar 24 jam proses demamnya itu. Sekarang tertinggal pegal-pegal badan aja sama tangan aja yang agak keram, itu aja.” Kata Retno Sari Narulita, Bidan Puskesmas Mabu’un.

Vaksin moderna ini sangat sensitif dibandingkan vaksin sinovac, baik dari segi penyimpanan, hingga gerakan atau guncangan. Sehingga penyuntikkan vaksin bagi dosis ketiga nakes ini pun, rata-rata hanya sebanyak dua vial, atau 28 dosis per harinya. (Alfi Syahrin).

Next Post

Diyakini Mampu Tingkatkan Imunitas, Warga Argo Mulyo Bikin Jamu Ini...

Sen Agu 23 , 2021
TABALONG – Pemerintah Desa Argo Mulyo Kecamatan Bintang Ara bersama tim KP2M antasari membuat jamu herbal yang dipercaya mampu untuk meningkatkan imun tubuh. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah penularan covid-19, karena penyebaran virus ini sudah menyebar ke berbagai daerah, termasuk di Desa Argo Mulyo ini. Praktek pembuatan […]