Terdampak Banjir, Warga Banua Lawas Berharap Bantuan Terus Berdatangan

TABALONG, BANUA LAWAS – Banjir yang terjadi di dua desa di kecamatan Banua Lawas, merendam sekitar 100 rumah, Sabtu (16/01). Banjir bahkan merendam 3 RT di desa Sungai Hanyar, yaitu RT. 6, 7, dan RT. 8, dengan 63 rumah terendam.

Camat Banua Lawas, Fariduddin memaparkan, banjir ini disebabkan tanggul jebol di RT. 7 desa Sungai Anyar, sehingga mengakibatkan debit air Sungai Anyar meninggi hingga ke pemukiman warga, peternakan, dan persawahan.

“Jebolnya tanggul tersebut sehingga debit air yang meninggikan ini masuk ke dalam rumah warga,..pemukiman, kemudian peternakan, sawah.” Terangnya

Sempat mendapat bantuan dari Bupati Tabalong, Sabtu (16/01). Warga pun mengharapkan adanya bantuan serupa lainnya, terutama bahan makanan.

Warga Rt. 7 Sungai Hanyar, Jamilah menjelaskan pihaknya tidak bisa beraktivitas normal seperti biasa, sehingga memerlukan bantuan.

“Semoga banjir cepat reda, jadi bansos ni tiap hari datang tu nah, jika bisa, bansos per hari membantu masyarakat di Sungai Anyar RT. 7 ini.” Pungkasnya.

Selain desa Sungai Hanyar, Bupati Anang Syakhfiani bersama rombongan juga menyerahkan bantuan serupa ke desa Bangkiling.

Berbeda dengan desa Sungai Hanyar, banjir di desa Bangkiling ini disebabkan luapan air dari sungai Tabalong, yang mengakibatkan 37 rumah terendam banjir. (Alfi/Maimun)

Next Post

Tinjau Banjir Banua Lawas, Bupati Tabalong Himbau Masyarakat Dirikan Dapur Umum

Sen Jan 18 , 2021
Sungai Anyar RT.07 kecamatan Banua Lawas – Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama rombongan meninjau lokasi banjir, di desa Sungai Hanyar dan Bangkiling kecamatan Banua Lawas, Sabtu (16/01). Tinjauan dilakukan sekaligus dengan penyaluran bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir. Dalam kesempatan ini Bupati Anang mengingatkan warga di kedua desa ini agar […]