Terdampak Banjir, PDAM Tabalong Bantu Perbaikan Instalasi PDAM HST

HULU SUNGAI TENGAH – Tim teknik listik dan mekanis serta tim perawatan PDAM Tabalong, memberikan bantuan kepada PDAM Hulu Sungai Tengah yang terdampak banjir, Senin (18/01).

Bantuan diberikan atas permintaan secara lisan dari Kabag Teknik dan Perawatan PDAM HST, sehingga tim PDAM Tabalong pun berangkat kesana, usai memastikan instalasi operasional di Tabalong dalam keadaan aman.

Kepala Bagian teknik PDAM Tabalong, Slamet Budi Santosa menceritakan, kondisi PDAM HST sangat memprihatinkan, karena berbagai peralatan terendam lumpur pasca banjir setebal 30 sampai 40 cm.

Bahkan ketinggian air saat banjir mencapai 165 cm, dan semua instalasi terendam banjir.

Tim PDAM Tabalong bersama PDAM HST, membongkar semua komponen instalasi panel kelistrikan dan pompa air, kemudian mengeringkan setiap komponen satu persatu lalu merakitnya kembali.

Perbaikan instalasi panel kelistrikan, hanya memakan waktu selama 1 jam.

Pada instalasi pompa air 2 buah pompa harus diperbaiki, yaitu pompa berkapasitas 100 liter per detik dan 50 liter per detik.

Kedua pompa dibersihkan dan dikeringkan yang prosesnya mencapai 24 jam, lantaran pompa terisi air.

 “Setelah itu kami tanggal…hari rebo ya tanggal 20 ya…(ya pak) 20 kami berangkat ke barabai kembali, sampai sana kurang lebih jam 9 pagi, dipimpin oleh kasi perawatan untuk merakit ulang yang 100 liter,detik, karena yang 50 liter,detik pada malam rebo sudah dilakukan perakitan oleh teman-teman yang ada di barabai dan dioperasikan sudah lancar. Nah kemudian kami merakit yang 100 liter,detik selesai kurang lebih sekitar jam 2 siang dan kami lakukan uji coba, alhamdulillah pompa yang 100 sudah bisa berjalan dengan normal.” Jelas Slamet.

Direktur PDAM Tabalong, Abdul Bahid mengatakan, saling bantu membantu antara karyawan PDAM di Kalimantan Selatan sudah kerap terjadi.

Terlebih lagi dengan adanya bencana banjir di HST ini, karyawan pdam HST pun ikut terdampak, sehingga memerlukan kehadiran karyawan PDAM dari luar daerah untuk membantu perbaikan.

“Saya memahami ya kondisi para tukang ledeng di barabai kemarin itu, disamping kantor dan instalasi pengolahan air juga terdampak banjir, disamping itu rumah mereka rata-rata juga terdampak kaya gitukan, jadi semacam kebingungan dan sebagainya pastilah gitukan, nah di saat itulah kehadiran kawan-kawan dari PDAM yang ada di kalsel ini, termasuk PDAM tabalong itu sangat membantu mereka.” Pungkasnya.

Abdul bahid menuturkan, pdam tabalong pun pernah mendapat bantuan dari pdam luar daerah, yakni pdam tapin, saat pergantian tahun 2018-2019 lalu.

Saat itu instalasi pompa air 100 liter per detik di belimbing mengalami kerusakan berat, sehingga pdam tapin meminjamkannya. (Alfi Syahrin)

Next Post

DPKIKAPTK Tabalong Salurkan Bantuan Ke Arangani Dengan Motor Trail

Jum Jan 22 , 2021
HULU SUNGAI TENGAH – Dewan Pengurus Kabupaten Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPKIKPTK) Tabalong, yang dilepas Bupati Tabalong. Selasa (19/01). Berhasil menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Rombongan personel gabungan DPKIKPTK Tabalong terlebih dulu menuju ke posko induk di Stadion Murakata, dan disambut langsung oleh […]