Telusuri Riwayat Kontak Pasien Positif, GTPP Tabalong Kembali Kirim 40 Sampel Swab Test

Tabalong – Sejak 21 Juni 2020, di Tabalong terjadi penambahan pasien positif covid-19 sebanyak 25 orang, dua diantaranya merupakan hasil swab dari 2 prang PDP yang telah meninggal.

Sedangkan 19 orang lainnya ditarik tim gugus tugas agar menjalani isolasi di rumah sakit khusus covid-19 tanjung, dan 3 lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah, dengan didukung oleh lingkungan sekitarnya.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie, mengatakan, 25 penambahan pasien positif tersebut merupakan hasil tracking dari enam kelompok tim gugus tugas di lapangan. Tracking dilakukan kepada orang yang pernah kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya.

“ Jadi kita tidak pernah menjaring pasien tidak ada kaitan dengan yang positif, jadi inilah upaya memutus rantai sebetulnya semakin kita mentracking semakin kita mendapatkan terkait penularan berarti penularan itu bisa kita stop. Dengan kita menemukan yang terkonfirmasi kan jadi kita isolasi jadi kita dia tidak lagi berkeliaran seperti otg, coba bayangkan kalau tertular ini kita biarkan kemana mana banyak dia berpotensi menularkan ke orang lain, dengan penemuan 25 ini sebenarnya kita mengurung yang berpotensi menularkan ke orang lain. “ kata dr. Taufiq

Tim gugus tugas melanjutkan tracking dengan target terkontak 25 pasien positif tersebut, pada setiap kecamatan. Dari hasil tracking lanjutan tersebut, tim gugus tugas sudah mengirimkan 40 sampel swab, ke lembaga BTKLPP provinsi. Upaya cepat dilapangan tersebut dilakukan, agar mata rantai penularan wabah, bisa segera dihentikan. (Rangga)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Soal Tes Corona Tenaga Medis, Jubir GTPP Covid-19 : Sudah Dilakukan Secara Bertahap

Kam Jun 25 , 2020
Tabalong – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tabalong, akan melakukan pemeriksaan rapid maupun swab, kepada seluruh tenaga medis di RSUD Badaruddin Kasim Maburai, maupun tenaga medis yang ada di puskesmas. Tes massal tenaga medis ini dilakukan sebagai upaya percepatan penanganan covid nineteen di Tabalong. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya […]