Tekan Resiko Stunting, Dinkes Tabalong Ingatkan Pentingnya Periode 1000 HPK

TVTABALONG – Sunting menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang disoroti Pemerintah Pusat hingga Daerah. Kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis ini, dinilai dapat membuat generasi mendatang menjadi rapuh.

Untuk mencegah hal tersebut, 1000 hari pertama kehidupan dinilai menjadi kunci utama dalam mengatasi permasalahan stunting. Dinas kesehatan Tabalong pun berniat menjadikan masyarakat terutama para orang rua, sebagai subjek dalam mencegah terjadinya stunting. Terutama dalam memahami pentingnya kecukupan nutrisi dalam 1000 hari kehidupan pertama, yang dimualai dari dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

“Jadi masyarakat sekarang bukan sebagai objek, justru mereka juga harus sebagai subjek dalam pencegahan stunting ini, kita harus sama-sama melindungi bayi balita kita jangan sampai kena stunting, karena stunting ini akan menimbulkan istilahnya lost generation atau generasi kedepannya yang rapuh, tidak sehat.” Kata Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie.

Upaya yang bisa dilakukan seorang ibu selama 1000 HPK, adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, rutin memeriksa kehamilan. Kemudian melakukan inisiasi menyusui dini ketika bayi baru lahir, memberikan asi eksklusif selama 6 bulan, serta wajib imunisasi dan menimbang rutin berat badan bayi tiap bulan. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Cetak Lulusan Berkualitas, UKK SMKN 1 Murung Pudak Libatkan Penilai Profesional

Sel Apr 6 , 2021
TVTABALONG – SMK Negeri 1 Murung Pudak, menggandeng tenaga profesional dari perusahaan swasta terkemuka maupun organisasi profesi, sebagai penguji dari uji kompetensi keahlian. Penguji diminta memberikan penilaian ukk untuk 327 siswa dari 6 jurusan yang ada di SMK Negeri 1 Murung Pudak. Tim penilai dari pihak eskternal ini didatangkan dari […]