Tanaman Bonsai, Si Mungil Cantik & Filosofis

TVTABALONG – Siapa yang tak kenal dengan tanaman kerdil seperti ini. Tanaman dengan metode bonsai ini telah dikenal sejak ribuan tahun oleh bangsa Jepang, hingga kini telah populer di berbagai daerah, termasuk di Tabalong.

Tanaman bonsai memiliki nilai seni tinggi, karena dibentuk dengan beragam teknik, dan waktu yang dibutuhkan pun relatif lama. Hal ini pula lah yang menjadikan harga jual bonsai tinggi.

Membuat bonsai tidak memerlukan biaya mahal. Karena hanya memerlukan tanaman pokok berbatang, kawat, serta media dan wadah tanam. Namun ilmu teknik membonsai, ketelitian dan kesabaran wajib dimiliki, agar mendapat tanaman bonsai yang sempurna.

Bentuk bonsai beragam, mulai dari perwujudan hutan belantara, pohon tersapu angin, tumbuh diatas batu, bentuk batang jatuh, batang ganda dan lain sebagainya. Dasar teknik tanam dalam membonsai pun berragam, seperti naturalis, surealis, dan ekspresionis.

Para pecinta bonsai di tabalong terhimpun dalam persatuan penggemar bonsai tabalong. Para pecinta bonsai ini mengakui membonsai merupakan bagian dari seni.

“Kesenian bonsai ini sebenarnya tidak jauh beda sama seni-seni yang lain, artinya kalu umpamanya di pisah-pisahkan, tidak bisa dipisahkan antara yang namanya seni kan, artinya semuanya sama cuman seni bonsai ini adalah seni yang tumbuh dan bisa berkembang.” Kata Pecinta Seni Budidaya Tanaman Bonsai Tabalong, Hermansyah.

Budidaya bonsai di Indonesia telah berkembang pesat dan banyak dilakoni masyarakat. Di Tabalong bahkan komunitas bonsai sering mengikuti lomba. Baik di tingkat daerah hingga Nasional. (Rangga).

Next Post

Tiadakan Pasar Ramadhan, Begini Solusi Pemkab Tabalong...

Sen Apr 12 , 2021
TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong tidak akan memfasilitasi kegiatan pasar Ramadhan tahun ini. Namun sebagian kelompok masyarakat telah mengajukan untuk menggelar pasar Ramadhan secara mandiri. Hal ini dibahas dalam rapat kooridInasi yang digelar pemkab pada 8 maret 20201. Dalam hal ini tim Satgas penanganan covid-19 Tabalong, mewajibkan kelompok masyarakat yang […]