Tanam Bibit Durian, BPTP Kalsel Harapkan Kebun Raya Tanjung Puri Jadi Agro Wisata

TVTABALONG – Pemerintahan Daerah Kabupaten Tabalong bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan, melakukan penanaman bibit durian unggul khas Tabalong pada 10 Juni 2021. Penanaman bibit durian dilakukan di Kebun Raya Tanjung Puri Kabupaten Tabalong.

Bibit ini sebelumnya telah melalui proses seleksi, sehingga dipastikan bibit yang ditanam merupakan bibit unggul. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Yuhani mengatakan penanaman durian khas Tabalong ini sebagai salah satu upaya memperkuat sektor pertanian Tabalong, sehingga dapat memperkuat posisi Tabalong sebagai penyangga Ibukota Negara.

 “ini upaya kita kedepan kita siapkan bahwa disini nanti begitu orang mencari buah ada disini.. nah kita juga sebagai penyandang utama ibu kota Negara, kita jadikan tempat pariwisata disini juga kalau orang mau cari tempat hiburan bisa kesini langsung semua kegiatan ada disini inilah tujuannya, dan kita sudah memulai dari sekarang walaupun belum bersih semua insha allah  dalam waktu satu bulan ini sudah kita siapkan kita bersihkan lokasi yang ada disini” Kata Yuhani, Asisten Perekonomian & Pembangunan Setda Tabalong.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan, Muhammad Amin, turut mengapresiasi potensi Kabupaten Tabalong khususnya terkait keberagaman buah lokal serta upaya pemerintah untuk melestarikannya. Ia berharap produktivitas pertanian Tabalong meningkat, terlebih jika didukung dengan inovasi teknologi yang telah dikerjasamakan kedua belah pihak.

 “jadi kita sudah melihat luar biasa potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Tabalong, ini salah satu yang akan dijadikan sebagai sumber apa namanya kebun buah buahan yang ada di wilayah ini dan tentu ini luar biasa pak bupati sangat merespon tentu dari kami terus berupaya untuk  mendukung dari aspek inovasi teknologi yang akan dikembangkan terutama untuk pengembangan tanaman dan lainnya yang ada disini, sehingga nanti menghasilkan produktivitas yang bisa membanggakan paling tidak Kabupaten Tabalong ini.” Kata Muhammad Amin, Kepala BPTP Kalimantan Selatan.

Menurut amin kesempatan ini menjadi momen bagi Tabalong sebagai pelopor untuk pengembangan buah-buahan kedepannya. Sehingga Kebun Raya Tanjung Puri ini diharapkan dapat menjadi Agro Wisata. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Unduh Lambang/Logo Kabupaten Tabalong

Rab Jun 16 , 2021