Tahukah Pian Apa Itu Peternakan Kambing Komunal? Berikut Penjelasannya…

Tabalong – Kelompok Tani Pantai Jaya Desa Bilas Kecamatan Upau, memiliki peternakan kambing, dengan pemeliharaan sistem komunal. Peternakan kambing sistem komunla merupakan peternakan yang dilakukan secara bersama sama, dalam satu tempat atau satu kandang. Peternakan ini dipelihara oleh  11 orang anggota Kelompok Tani Pantai Jaya.

Sebelumnya, pemeliharaan kambing ini dilakukan para kelompok tani di rumahnya masing masing. Sehingga petani kesulitan dalam pengumpulan kotoran kambing, sebagai cikal bakal pupuk pertanian. Maka dari itu di terapkanlah sistem komunal, dengan jumlah 50 ekor kambing, yang dikumpulkan dalam satu kandang. Sistem ini, para petani bahkan dengan mudah mengumpulkan 82 karung kotoran kambing, per bulannya.

Kepala Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Tabalong, dokter Saswoko memaparkan, pemanfaatan dari sistem peternakan komunal, ialah integrasi pertanian terpadu, yang mana keuntungan satu sama lain saling berkaitan.

“Output dari sistem ini ialah integrasi pertanian terpadu, jadi nanti kotorannya akan untuk tanaman multikultura, tanaman pangan dan lainnya. Jadi harapannya keuntungan peternakan kambing ini tidak hanya pada anakannya, tapi juga pada dampak positive terhadap penanaman komuditi pertanian yang lain.” Kata dr. Saswoko

Kelompok Tani Pantai Jaya ini sudah mendapat gelar terbaik satu, dalam kartegori millenial farming, di Kabupaten Tabalong. Penyuluh pertanian lapangan wilayah setempat, hotim,  menjelaskan kedepannya Kelompok Tani Pantai Jaya, akan menjadi percontohan sebagai kelompok pertanian integratif, yang memadukan antara peternakan dan pertanian.

“Bahwa Kelompok Tani Pantai Jaya arah kedepan pembinaannya akan dijadikan sebagai percontohan dalam kelompok integratif farming, jadi pertanian terpadu memadukan antara peternakan perkebunan, pertanian padi atau tanaman pangan dan palawija atau hultikultora.” Ujar Hotim

Kelompok Tani Pantai Jaya saat ini dalam proses pengusulan perluasan kandang, dengan penambahan katring sebagai tempat penggemukan kambing. Para petani memprediksi dalam satu tahun ke depan, perkembangan kambing bisa menjadi tiga kali lipat, dengan total perkiraan 150 ekor.

Sistem komunal yang di terapkan kelompok tani pantai jaya ini, tidak hanya pertama kali di Tabalong, namun merupakan pertama kalinya di Kalimantan Selatan. (Rangga)

Next Post

Swab Kesembuhan 19 Orang Pasien

Rab Jul 1 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Tim Gugus Tugas Perceptan Penangan Covid-19 Tabalong , kembali mengambil sampel swab dari pasien positif covid-19 yang saat ini dirawat Unit Isolasi Rumah Sakit Umum Tanjung. Pengambilan sampel ditujukan bagi 19 orang pasien yang telah […]
error: