Tabrakan Beruntun 4 Buah Mobil, Mobil Sedan Meledak

TABALONG – Sebuah ledakan terjadi akibat adanya tabrakan beruntun yang melibatkan 2 buah truck besar, satu buah mini bus dan satu buah mobil sedan. Ledakan berasal dari mobil sedan yang mengalami masalah di bagan rem, yang dikemudikan  satu orang pengemudi sehingga mengakibatkan luka serius.

Untungnya, kejadian tabrakan ini hanya simulasi dari operasi sar kecelakaan kendaraan dengan penanganan khusus atau Vehicle Accident Rescue, oleh gabungan Badan Sar Nasional Daerah (Basarnas Daerah) yang di komando oleh tim basarnas banjarmasin.

Penyelamatan terbagi dua, pertama pertolongan langsung dengan memberikan pertolongan pertama kepada orang yang mengalami luka ringan dan sedang. Sedangkan untuk pertolongan khusus dengan kondisi berat, tim gabungan basarnas daerah harus berhati-hati dan memerlukan waktu lebih untuk mengeluarkan korban secara vertikal, dengan memecahkan kaca-kaca mobil dan memotong bagian atas mobil menggunakan alat khusus.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Slamet Riyadi menuturkan, dari kegiatan latihan simulasi ini, pihaknya turut melibatkan berbagai unsur pemerintah daerah tabalong, instansi, dan berbagai badan rescue lainnya, untuk mensinergikan se nyata mungkin kejadian yang ada di lapangan.

 “Tujuannya adalah pertama untuk mensinergikan, kedua berkoordinasi pada saat pelaksanaan kegiatan pertolongan khususnya tadi kecelakaan yang membahayakan jiwa manusia di jalan raya tapi tidak terbatas kejadian di jalan raya saja.bisa pada kondisi yang lainnya, yang menyangkut mengamankan jiwa manusia.” Kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Slamet Riyadi.

Slamet berharap latihan simulasi dengan scenario kecelakaan kendaraan dengan penanganan khusus,  dapat membuat masing-masing tim bekerjasama dengan baik di berbagai tahapan serta mengetahui job desknya saat dilapangan. Khususnya dalam menyatukan komitmen pemerintah untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. (Gazali Rahman).

Next Post

Pemkab Tabalong Kembali Terima Bantuan 4 Unit Ventilator

Kam Agu 5 , 2021
TABALONG – PT Adaro Indonesia kembali menyerahkan bantuan kepada Pemkab Tabalong untuk penanganan covid-19. Bantuan kali ini berupa ventilator atau alat bantu pernafasan, yang diserahkan pada 2 Agustus 2021. Bantuan ventilator yang diserahkan kali ini sebanyak 4 unit. Penempatannya masing-masing dua unit untuk RSUD Badaruddin Kasim dan 2 unit untuk […]