Susun Rencana Aksi Perangi Narkoba, Tim P4GN Tabalong Gelar Pertemuan

TVTABALONG – Tim terpadu program pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika Kabupaten Tabalong, menggelar rapat koordinasi pada 5 maret 2021 di Tanjung. Rapat yang dibuka seKretaris Daerah Kabupaten Tabalong ini, diikuti berbagai pihak terkait seperti perwakilan bnnk, kepala kejaksaan negeri Tabalong,  pengadilan Negeri Tanjung,  Kodim 1008 Tanjung, Polres Tabalong, serta kepala SKPD terkait lainnya.

Rapat koordinasi P4GN ini merupakan yang pertama di tahun 2021, dengan tujuan menjaring masukan dan informasi, serta memperkuat peran tim terpadu p4gn, dalam penyusunan rencana aksi daerah perangi narkotika.

Kepala badan kesatuan bangsa dan politik Tabalong, Rahadian Noor,  mengatakan, rapat kali ini menindaklanjuti program P4GN  di tahun 2021. Salah satu aksi pertamanya fokus pada aksi persuasif, seperti sosialisasi serta pemasangan spanduk dan semacamnya terkait memerangi narkoba.

 “2021 ini juga kita akan melaksanakan kegiatan sosialisasi jadi kita nanti meminta kepada tim terpadu, dalam hal ini bupati sebagai ketua, menyampaikan surat kepada masing-masing SKPD, agar setiap SKPD ini membuat spanduk, baliho, atau yang sebagainya, terkait kita memerangi narkoba dengan sangat galak, jadi apa yang disampaikan pada rapat koordinasi tadi kita tampung, kita buat perencanaan untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya.” Tutur Kepala badan kesatuan bangsa dan politik Tabalong, Rahadian Noor.

Dalam aksi P4GN selanjutnya, tim terpadu berencana menggelar tes urin bagi ASN dan tenaga kontrak di lingkup pemkab tabalong, yang menggunakan dana APBD. Sekretaris Daerah Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji menyarankan agar aksi P4GN juga melibatkan pihak Kecamatan, Desa dan Kelurahan, hingga ke tingkat RT.

 “Badan narkotika nasional dan polres tabalong tentu sudah bekerja maksimal, dan kami yakin, pak bupati yakin, bahwa, baik itu BNN maupun Polres, tentu saja memerlukan dukungan dari semua elemen, baik itu masyarakat juga SKPD, bahkan kita sudah harus melibatkan Desa, pada kesempatan lain, kepala Dinas DPMPD, ini nanti bagaimana bisa dialokasikan anggaran, agar bisa merespon, tentu sama bagaimana kita, seperti mengatasi covid-19, harus memberdayakan RT, karena RT lebih tau masyarakat di lingkungannya.” Kata Sekretaris Daerah Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji.

Sangadji mengatakan untuk mengoptimalkan P4GN, perlu adanya kerjasama semua pihak, termasuk perangkat dan tokoh agama, agar peduli perangi narkotika. Sehingga tidak hanya bergantung pada BNNK dan Polres Tabalong. (Muhammad ariadi).

Next Post

Cegah Stunting, Dinkes Tabalong Gelar Pelatihan Pemberian Makanan Pada Bayi & Anak (PMBA)

Sab Apr 10 , 2021
TVTABALONG – Dinas kesehatan Kabupaten Tabalong meningkatkan kapasitas 51 Kader Puskesmas se Tabalong, dalam aksi Gempur Stunting pada 6 April 2021. Pada peningkatan kapasitas Kader kali ini, materi difokuskan pada pemberian makanan bergizi bagi bayi dan anak, untuk mencegah stunting. Pemberian asupan gizi yang optimal dimulai sejak usia 6 bulan […]