Stok Oksigen Menipis, RSUD HBK Maburai Tidak Terima Pasien Luar Daerah

TABALONG – Dalam enam hari terakhir, terjadi peningkatan jumlah pasien di RSUD Haji Badaruddin Kasim, dengan indikasi covid-19. Peningkatan jumlah pasien ini membuat ruangan isolasi  dan UGD rumah sakit over kapasitas. Sehingga sebagian pasien harus dirawat di luar ruangan.

Akibat peningkatan jumlah pasien, saat ini pihak manajemen rumah sakit bahkan tidak menerima rujukan pasien dari luar daerah. Terutama pasien yang membutuhkan terapi oksigen. Keputusan ini dibuat karena keterbatasan tenpat tidur dan ketersediaan oksigen di tempat ini.

Selain itu, saat ini pihak RSUD HBK juga melakukan pemilahan pasien sesuai kriteria gejalanya. Direktur RSUD Haji Badaruddin Kasim, dokter Mastur Kurniawan menegaskan, perawatan pasien covid 19 di rumah sakit ini hanya diprioritaskan bagi pasien bergejala sedang hingga berat.

“Nanti Kita sudah ada pemilahan, kalau sekiranya yang masuk nanti yang masuk dirumah sakit ini misal itu sudah ada saturasi oksigen yang diperiksa dengan alat oxymeter kemampuan dimana paru paru dia bisa berfungsi dengan baik, kalau misal 93 keatas terus keadaab kondisi baik, tidak punya komorbit , terus pada saat dia masuk disini kita memastikan pemeriksaan rongsen, apakah dirongsen itu ada gak penumpukan cairan yang disebut penemonia,  kalau misal dengan saturasi oksigen diatas tadi sudah juga pemeriksaan bagus, kita arahkan ke isoman bisa dirumah atau dirumah sakit Usman dundrung, jangan sampai yang ini ringan, masuk disini, kita akan menyelamatkan yang berat berat dulu yang memang dia harus butuh oksigen” Kata , Mastur Kurniawan, Dirut Rsud Badaruddin Kasim Maburai.

Saat ini ketersediaan oksigen di RSUD Badaruddin Kasim mulai menipis, namun dari informasi yang dihimpun, pemerintah provinsi juga sudah mulai menyalurkan oksigen ke beberapa daerah di Kalimantan Selatan, guna mencukupi ketersediaan selama terjadinya lonjakan pasien. (Muhammad Ariadi)

Next Post

Pasien Covid-19 Meningkat, RSUD HBK Tingkatkan Kapasitas Tempat Tidur Pasien

Sel Agu 3 , 2021
TABALONG – Lonjakan pasien covid-19 yang terjadi di Tabalong dalam beberapa hari terakhir, membuat jumlah pasien yang dirawat RSUD Badaruddin Kasim meningkat. Pasien positif covid-19 yang dirawat disini merupakan pasien dengan gejala sedang hingga berat. Untuk mengantisipasi lonjakan yang lebih banyak, pihak RSUD HBK melakukan penambahan tempat tidur sebanyak 30 […]