Stok Darah Menipis, PMI Himbau Warga Donor Darah

Tabalong – Palang Merah Indonesia Kabupaten Tabalong, saat ini tengah krisis persediaan stok darah. Bahkan per 23 Maret 2020, stok darah yang tersedia di PMI hanya 4 kantong, teridi dari golongan darah A dan B amsing-masing 1 kantong, dan AB 2 kantong. Sedangkan golongan darah O mengalami kekosongan.

Jumlah ini tidak sesuai dengan permintaan yang biasanya diterima PMI tabalong. Dalam sekali permintaan stok darah biasa menghabiskan hingga puluhan kantong. Permintaan ini berasal dari kasus bersalin, kecelakaan, dan gagal ginjal kronis di Tabalong. Bahkan PMI Tabalong ditargetkan memiliki stok 200 kantong darah per bulan.

Anggota unit pelayanan donor darah, dokter Iqbal Fida Maulana menjelaskan, dalam sehari biasanya terdapat 5 sampai 10 kantong dari pendonor. Sedangkan dalam beberapa hari ini hanya terdapat satu atau dua pendonor. Iqbal menduga hal ini diakibatkan dari dampak penyebran virus corona, yang membuat masyarakat enggan keluar rumah dan mendonorkan darah.

“Terbatasnya disitu,ada peraturan untuk karantina mandiri, cuma banyak saudara saudara kita yang sakit di rumah sakit dan memerlukan darah jadi kami harap meskipun ada peraturan untuk mengkarantina diri di rumah, tidak menurunkan minat pada warga warga untuk mendonorkan darahnya karena masih banyak yang memerlukan. Penyakit ini bukan cuma covid 19 masih banyak penyakit lainnya yang memerlukan darah.” kata Iqbal.

Dokter Iqbal juga mengatakan, wabah covid 19, jenis penularannya tidak dipaparkan lewat darah. Namun bagi pendonor yang datang secara mandiri tetap akan di lakukan screenning atau pemeriksaan lebih dulu pada ruang yang sudah disediakan. Hal ini untuk memastikan kesehatan pendonor tersebut, sebagai syarat mutlak bisa diambil darahnya. (Rangga)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Komisi 3 DPRD Kalsel Kunjungi Tabalong Bahas Kesiapan Menyambut IKN

Sel Mar 24 , 2020
Tabalong – Komisi 3 DPRD provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja ke DPRD kabupaten Tabalong. Kunker ini pun disambut wakil ketua 2 DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Alkaf,  beserta komisi 3 DPRD Tabalong, pada Jum’at 20 Maret 2020. Dalam kunjungannya, Komisi 3 DPRD Provinsi Kalsel yang pimpin Wakil Ketua Komisi […]