Simak Tips Memilih Hewan Kurban Yang Sehat…

TABALONG – Islam telah mengatur tata cara berkurban dengan memilih hewan ternak yang sehat dan tidak boleh cacat fisik. Dinas Pertanian Tabalong pun membagikan beberapa tips untuk memilih hewan ternak yang sehat, untuk berkurban.

Selain cukup umur yang dapat dilihat dari gigi ternak yang sudah tanggal, pemilihan hewan kurban juga harus dilihat fisiknya yang gemuk dan tidak cacat. Kepala seksi kesehatan hewan Dinas Pertanian Tabalong, Suwandi, menjelaskan secara detail ciri-ciri hewan ternak yang sehat sehingga layak menjadi hewan kurban. Utamanya dapat dilihat dari perilaku dan ciri fisiknya.

 “pilihlah hewan qurban itu yang sehat, penampakannya matanya tidak kotor, matanya berbinar dan tengok sana dan sini artinya dia sehat, kedua dikasih makan, dia mau makan atau tidak, kalau hewan sakit umumnya tidak mau makan, yang kedua bisa kita lihat dari cermin hidungnya, bila basah berarti sehat, kalau demam berarti kering nah itu parameternya.” Kata drh. Suwandi – Kepala Seksi Kesehatan Hewan.

Dalam memilih hewan kurban sendiri, kita juga harus menghindari hewan yang mengeluarkan darah dari hidung dan anus. Pasalnya hewan kurban dengan indikasi tersebut mengidap penyakit yang dapat menular ke manusia, salah satunya antraks. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Jaga Kebersihan Pemotongan Kurban Untuk Cegah Bakteri

Sab Jul 3 , 2021
TABALONG – Kesehatan hewan kurban menjadi point penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu, sebelum memilih dan memotong hewan tersebut untuk dikurbankan. Namun ternyata, proses pemotongan hewan kurban serta perlakuan terhadap dagingnya juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kelayakan daging untuk dikonsumsi. Daging yang baik perlu diperlakukan dengan baik, dengan […]