Simak Tips Aman Simpan Daging Kurban

TABALONG – Saat perayaan Idul Adha, hampir semua umat muslim mendapatkan daging dari hasil berkurban umat muslim lainnya. Tak jarang, daging yang didapat tak habis dalam satu kali dimasak, sehingga sebagian harus disimpan.

Namun proses penyimpanan daging haruslah dilakukan dengan tepat, karena daging merupakan sumber protein tinggi, sehingga renan rusak. Penyimpanan daging yang tidak sesuai akan merubah tekstur, kesegaran hingga kandungan gizinya.

Kepala Seksi Kesejahteraan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Tabalong, Catur Yudha Murtopo, menyarankan agar daging sebaiknya langsung dimasak. Namun jika memang tersisa dan harus disimpan, ia pun menyarankan agar daging disimpan di lemari es tanpa dicuci, agar kesegarannya tetap terjaga.

“Memang disarankan untuk segera memasak atau segera memasak daging yang kita punya nah kalau seandainya daging itu tidak kita langsung masak jadi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan kembali yang misalnya kita perlu sebelum kita simpan daging tersebut kita sesuaikan jumlah porsi yang kita ingin kita masak jadi ada perencanaan menu untuk beberapa orang berapa kali masak dagingnya di simpan di tempat kedap yang kita upayakan untuk tidak disimpan dalam tempat besar sekaligus, pengolahan beberapa daging karena daging ini tinggi protein sehingga pengolahanya dengan menggunakan suhu terlalu tinggi maka proteinnya mengalami penggumpalan.” Kata Kasi Kesejahteraan Keluarga & Gizi Dinkes Tabalong , Catur Yudha Murtopo.

Catur Yudha menambahkan sebelum daging masukan lemari pembeku, sebaiknya daging disimpan di rak lemari es terlebih dahulu. Kemudian setelah 10 hingga 20 jam dimasukkan dalam lemari pembeku, atau freezer. (Al Munawarah).

Next Post

Bupati Anang Minta Produsen Amankan Kebutuhan Oksigen di Tabalong

Sel Jul 27 , 2021
TABALONG – Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengumpulkan pihak terkait dalam mengantisipasi kelangkaan tabung oksigen, pada 22 Juli 2021 di Tanjung. Meski saat ini kasus tidak naik signifikan, namun rapat koordinasi ini digelar bupati anang untuk mengantisipasi lonjakan kenaikan pasien covid 19 dengan gejala berat. Di tabalong sendiri diperkirakan akan memerlukan […]