Simak Syarat Penerima Bantuan Pelaku Usaha Mikro Tahun 2021

TVTABALONG – Bantuan bagi pelaku usaha mikro, BPUM tahun 2021 kembali dibuka oleh kementerian koperasi dan ukm, melalui program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19. Melalui BPUM, setiap pelaku usaha mikro diusulkan mendapatkan bantuan tunai sebesar 1,2 juta Rupiah pada tahun ini, turun dari tahun sebelumnya 2,4 juta Rupiah.

Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Koperasi dan UMKM, kembali membuka pendaftaran bagi pelaku usaha mikro, untuk mendapat bantuan tersebut sejak 29 Maret lalu. Pendaftaran dilakukan melalui masing-masing Desa dan Kelurahan, yang kemudian diteruskan ke Dinas Koperasi dan UKM Tabalong.

Berdasarkan petunjuk teknis kementerian Koperasi dan UKM, pelaku UMKM yang ingin mendaftar sebagai penerima BPUM wajib penuhi sejumlah persyaratan. Seperti memiliki aset atau modal usaha maksimal 1 milyar rupiah diluar tanah dan bangunan, omset atau penjualan tahunan maksimal 2 milyar rupiah, tidak sedang menerima program Kredit Usaha Rakyat (KUR), melampirkan NIK, Kartu keluarga, Nomor izin berusaha atau surat keterangan usaha, dan bukti foto usaha, serta bukan ASN, PNS, TNI, Polri maupun pegawai BUMN atau BUMD.

Kepala bidang pemberdayaan dan pengembangan koperasi dan usaha mikro, Ruzaida Hidayati, mengatakan, bulan April 2021 ini, usulan yang disampaikan ke dinas koperasi dan UMKM adalah bagi mereka yang belum diusulkan di 2020 lalu. Namun bagi mereka yang sudah diusulkan di 2020, menurut kementrian tetap menjadi prioritas untuk di verifikasi terlebih dahulu.

“Untuk pembukaan BPUM ini kemarin kita sudah menyampaikan surat ini ke kecamatan masing masing di Kabupaten Tabalong, tanggal 29 Maret 2021, untuk bulan April ini, usulan yang disampaikan ke kami itu adalah bagi mereka yang belum pernah diusulkan di tahun 2020, bagaimana dengan usulan di tahun 2020? Bagi mereka yang sudah diusulkan di tahun 2020, itu menurut kementrian, tetap menjadi prioritas untuk diverifikasi lebih dahulu.” Tuturnya. Ruzaida mengatakan, pelaku usaha yang belum memiliki NIB atau SKU, dapat mendaftarkannya di kecamatan tempat tinggalnya, bukan di kecamatan tempat mereka berusaha. Usulan penerima BPUM ini akan kembali diverifikasi kementerian koperasi, sehingga tidak semua usulan dapat disetujui. (Muhammad ariadi).

Next Post

Sepekan Jelang Ramadhan, Sejumlah Komoditi Terpantau Stabil

Rab Apr 7 , 2021
TVTABALONG – Seminggu menjelang bulan Ramadhan, harga sejumlah bahan pokok di pasar tanjung masih stabil, seperti yang terpantau pada 6 April 2021. Harga kebutuhan pokok seperti beras, gula, dan daging, masih normal seperti biasa. Disisi lain, harga telur justru mengalami penurunan, dari yang awalnya sekitar 25 ribu Rupiah per kilogram, […]