Simak Sampai Habis, Bansos Covid-19 Sesuai SK Kemensos Yang Telah Diseleksi Mulai Tingkat Desa

Tabalong – Selama pandemi covid-19 berbagai bantuan sosial disalurkan ke masyarakat. Namun Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 memastikan, bantuan disalurkan pada orang yang tepat sasaran, yaitu mereka yang terdampak pandemi covid-19 sehingga penghasilannya tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan dasar.

Pasalnya untuk menentukan penerima bantuan sosial covid-19, Pemerintah Kabupaten Tabalong merujuk pada terpadu kesejahteraan sosial, yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial. Data kemudian dimusyawarahkan ditingkat desa, dan kelurahan. Data calon penerima kemudian diverifikasi ke lapangan untuk memastikan kelayaakan penerima, kemudian diadakan kembali rapat.

Koordinator bidang Logistik Gugu Tugas P3 Covid 19 Tabalong, Yuhani mengatakan hasil dari rapat tersebut di-SK-kan Kementerian Sosial. Namun data ini tidak statis, tapi bersifat dinamis. Bantuan dihentikan ketika penerima yang tadinya tidak mampu, kemudian menjadi mampu.

Data ini tidak statis data ini bergerak bisa saja orang yang tadi miskin kaya atau yang kaya miskin atau saja orangnya pindah bisa saja orangnya meninggal nah data ini yang boleh mengganti adalah mereka di desa jadi di desa itu lebih tau jadi ini sudah miskin kaya desa mengusulkan melalui rembuk desa melalui musyawarh desa musyawah kelurahan yang harus di ganti.” Kata Yuhani.

Yuhani menambahkan, data penerima selalu dilakukan perbaruan sesuai kondisi masyarakat. Perubahan data kemudian akan diterima kementerian sosial jika terbukti data hasil dari musyawarah tingat desa maupun kelurahan.

Proses pendataan ini tidak bisa dilakukan secara cepat, namun harus dilakukan dari  pihak desa sendiri untuk mentekunan masyarakat yang berhak menerima bantuan. Dinas sosial pun memastikan tidak akan merubah data tanpa usulan dari desa dan kulurahan. (Munawarah)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Komisi 2 DPRD Tabalong Percepat Penyelesaian Raperda Untuk Program Kredit Bunga 0% BPR

Sab Apr 25 , 2020
Tabalong – Komisi 2 DPRD Tabalong, bersama PT BPR Tabalong Bersinar, dan bagian hukum setda Tabalong, melakukan pembahasan awal mengenai raperda penyertaan modal ke BPR untuk program kredit gerbang emas bunga nol persen di tahun 2020. Pembahasan dilakukan pada selasa, 21 april 2020, di komplek kantor DPRD, Mabuun. Dalam pembahasan […]