Si Cantik Nian Jadi Cara Pemkab Tabalong Integrasikan Laporan Pembangunan

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong meluncurkan aplikasi Si Cantik Nian, pada Senin 24 Januari 2022, di Pendopo Bersinar Pembataan. Aplikasi Si Cantik Nian merupakan singkatan dari sistem informasi capaian tingkat kinerja pembangunan.

Kepala bagian ekonomi dan pembangunan Setda Tabalong, Tazeriyanor mengatakan, aplikasi ini akan memudahkan dan mempercepat SKPD dalam pelaporan capaian kinerja bulanan. Pasalnya laporan sebelumnya dilakukan secara manual, sehinga seringkali terkendala keterlambatan waktu, serta data-data yang tidak konstan dan tidak continue.

 “Jadi sekarang SKPD itu melaporkan capaian kinerjanya, laporan untuk yang setiap bulan ya itu melalui aplikasi. Jadi sekarang kita buatkan aplikasi untuk memudahkan para SKPD untuk melaporkan kepada kami ekonomi pembangunan” Kata Tazeriyanor, Kabag Perekonomian & Administrasi Pembangunan.

Analisis kebijakan bagian perekonomian dan administrasi pembangunan Setda Tabalong, Windi Maria menjelaskan, entry data awal di aplikasi ialah anggaran, lalu target, kemudian realisasinya. Melalui aplikasi inilah nantinya akan terlihat perbandingan realisasi dengan target, serta langkah yang diambil jika realisasi lebih rendah dari target.

 “Disitu akan keliatan perbandingannya antara target dan realisasi yang terjadi, apakah lebih besar atau lebih kecil. Kalo seandainya lebih besar itu bagus alhamdulillah, tapi kalo lebih kecil itu akan tanda tanya kenapa hal ini terjadi, misalnya ada hambatan, kenapa, disitu akan terlihat. Selain hambatan, terus mungkin kontak person yang bertanggungjawab, kegiatan tersebut apa, kemudian langkah-langkah yang kita ambil mengatasi hambatan tersebut, pasti akan terlihat di aplikasi.” Kata windy maria sulistiana, analisis kebijakan bag. Perekonomian & administrasi pembangunan.

Pada kesempatan ini, turut dibagikan penghargaan terhadap pelaporan capaian kinerja SKPD selama tahun 2021, dengan kategori konstan dan informatif. Adapun peringkat pertama penerima penghargaan diraih satpol PP dan Damkar, diikuti Disperkimtan, lalu BPPRD atau sekarang menjadi Dispenda.(Alfi Syahrin).

Next Post

Ayo Bavaksin! Stok Vaksin Masih Ada di Puskesmas Banua lawas

Sel Jan 25 , 2022
Tabalong – Meski sempat menjadi kecamatan dengan realisasi vaksinasi terendah se Tabalong, namun kini cakupan vaksinasi di Kecamatan Banua Lawas telah melebihi target 70 persen, tepatnya di angka 74,5 persen, per 23 Januari 2022. Meski demikian kegiatan vaksinasi di kecamatan ini terus dilakukan. Stok vaksin di puskesmas banua lawas masih […]