Sesuaikan SPM, Dinkes Tabalong Evaluasi Program KIA

TVTABALONG – Dinas Kesehatan Tabalong menggelar evaluasi program kesehatan keluarga, pada 12 April 2021 di Gedung Sarabakawa Tanjung. Program kesehatan keluarga atau kesehatan ibu dan anak merupakan pelayanan terhadap ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi, anak balita, serta anak pra sekolah.

Dalam kegiatan ini, bidan perwakilan dari 12 Kecamatan di Tabalong melaporkan pencapaian program kia di maisng-masing wilayahnya. Laporan ini kemudian dievaluasi, sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan kegiatan yang akan dilakukan kedepannya dalam memperbaiki kesehatan keluarga.

Kepala Seksi Kesejahteraan Keluarga dan Gizi, Catur Yudha Murtopo berharap, para tenaga kesehatan dapat meningkatkan pelayanan dengan mengutamakan kualitas dan kuantitasnya terhadap masyarakat.

“Berdasarkan kegiatan-kegiatan kita tersebut, kita sih lebih menekankan kembali kepada SPM kita. Nah dari kegiatan-kegiatan tersebut yang ingin kita garis bawahi bahwa yang mereka lakukan adalah  berdasarkan pelayanan yang saya sebutkan sebelumnya, kita harapkan bahwa pelayanan tersebut melayani sesuai dengan standar pelayanan minimalnya. Jadi berdasarkan kualitasnya dan juga berdasarkan kuantitasnya di standar pelayanan minimal yang bisa mereka lakukan.” Kata Kasi Kesejahteraan Keluarga dan Gizi, Catur Yudha Murtopo.

Pihak Puskesmas pun diminta untuk melakukan evaluasi rutin setiap bulan terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak. Hal ini dilakukan agar petugas dapat mengidentifikasi kendala dan masalah, sehingga dapat segera dicarikan solusi, agar permasalahan pelayanan kesehatan keluar tetap optimal. (Maria Ulfah).

Next Post

Pasca Berbuka Puasa, 4 Buah Rumah di Kelua Hangus Terbakar

Rab Apr 21 , 2021
TVTABALONG – Sebanyak 4 unit rumah warga di RT. 4 Desa Ampukung Kecamatan Kelua, hangus terbakar pada Senin 19 April 2021. Kebakaran terjadi tepat di waktu berbuka puasa, atau sekitar jam setengah tujuh malam. Upaya pemadaman telah dilakukan berbagai pihak, baik dari tim pemadan, UPBS, Rescue, Relawan hingga warga sekitar, […]