Sesuai Instruksi Mendagri, Kalsel Akan Terapkan PPKM Mikro

TVTABALONG – Jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong dan unsur Pimpinan Daerah, mengikuti rapat perpanjangan pemberlakukan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan secara virtual, pada Senin 22 Maret 2021. Rapat virtual ini diselenggarakan untuk menindaklanjuti instruksi Mendagri nomor 6 tahun 2021, tentang PPKM mikro tahap 4 bagi lima provinsi, salah satunya Kalimantan Selatan.

Rapat virtual dipimpin Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal. Ia menyampaikan, berdasarkan parameter instruksi Mendagri sebagai dasar penerapan PPKM mikro, Provinsi Kalsel memenuhi dua dari empat unsur parameter, yakni tingkat kematian mencapai 3,16%, atau diatas rata-rata tingkat kematian nasional 2,7%, dan tingkat kesembuhan mencapai 87,95%, atau dibawah rata-rata tingkat kesembuhan nasional 88,1%.

Juru bicara Satgas penanganan covid-19 Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie menjelaskan, sejak awal pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat di Tabalong sudah dijalankan. Namun perlu disesuaikan kembali dengan instruksi Mendagri yang terbaru, kemudian diterbitkan perbup baru sebagai penekanannya.

 “Ya sebetulnya kita sejak awal dari kemarin kita sudah menjalankan, namun ada beberapa penyesuain-penyesuain dengan instruksi mendagri dari poin-poin PPKM mikro yang dilaksanakan. Ini nanti tinggal dibuatkan perbupnya untuk menekankan lagi kegiatan yang sesuai dengan Mendagri yang terbaru tersebut.” Tuturnya.

Jenis-jenis pembatasan kegiatan masyarakat yang dimaksud dalam instruksi mendagri nomor 6 tahun 2021, diantaranya skema 50 persen work from home, pembatasan kapasitas 50 persen pengunjung di fasilitas umum, tempat makan, dan rumah ibadah, lalu kegiatan belajar mengajar secara daring dan luring, serta lain sebagainya. (Alfi Syahrin).

Next Post

Ikuti Langkah Tabalong, Pemprov Kalsel Rencanakan Gerakan 5 Juta Masker

Jum Mar 26 , 2021
TVTABALONG – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berencana melaksanakan gerakan jutaan masker, dengan minimal mencapai 5 juta masker se Kalimantan Selatan. Hal tersebut disampaikan Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal, saat rapat virtual terkait perpanjangan pemberlakukan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro, pada Senin 22 Maret 2021. Rencana gerakan 5 juta masker Pemprov […]