Sempat Turun, Realisasi Kredit Gerbang Emas Kembali Meningkat

TVTABALONG – Sempat mengalami penurunan selama tahun 2020, kini realisasi program kredit gerbang emas dengan bunga nol persen di tahun 2021 mengalami peningkatan. Bahkan dana kredit permodalan usaha dengan bunga nol persen ini, dalam 3 bulan terakhir telah terealisasi sebesar 250 juta rupiah.

Selama tahun 2020 realisasi kredit gerbang emas sempat menurun, karena para pelaku usaha terdampak pandemi covid-19. Padahal pihak BPR tabalong telah mengambil kebijakan restrukturisasi terhadap debitur yang terdampak pandemi, untuk menjaga kredit yang sehat.

Direktur utama PT BPR Tabalong bersinar, Gazali Rahman menjelaskan, kredit gerbang emas di tahun 2021 baru bisa disalurkan pada akhir januari 2021. Namun tidak mempengaruhi minat pengusaha untuk mengakses permodalan melalui program kredit gerbang emas tahun ini.

“Mungkin untuk tahun 2021 karena setoran modal ini kan seperti ini, jadi setoran modal ini beda dengan jenis pinjaman dan hibah. Jadi setoran modal ini punya proses, pertama kita harus mengusul ke kas daerah kemudian ada persetujuan dari ojk, kemudian harus di rups kan, nah dan itu perlu waktu kadang satu bulan, jadi kita mungkin sudah 2020 baru masuk dana, proses baru 2021 januari akhir, baru bisa dilaksanakan, jadi hanya 1 atau 2 bulan yang sudah jalan.” Kata Direktur utama PT. Tabalong Bersinar, Muhammad Gazali Rahman.

Muhammad Gazali Rahman menjelaskan, kredit gerbang emas dengan bunga nol persen, terbuka untuk semua sektor usaha. Namun hingga saat ini, pinjaman didominasi oleh para pedagang. Kredit modal usaha dengan bunga nol persen ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian skala kecil di Tabalong. (Maria ulfa).

Next Post

BPR Tabalong Bersinar Akan Perluas Jangkauan di 5 Kecamatan

Sen Apr 19 , 2021
TVTABALONG – PT BPR Tabalong Bersinar berencana melakukan perluasan cabang di 5 Kecamatan di Tabalong. Hal ini dilakukan untuk memperluas jangkauan kredit gerbang emas dengan bunga nol persen, program Pemerintah Kabupaten Tabalong, yang disalurkan melalui BPR. Rencana peluasan di 5 Kecamatan tersebut rencananya akan dilakukan di Kecamatan Bintang Ara, Wirang, […]