Semangka PAM-KIW Si Manis & Segar Dari Tabalong

TVTABALONG – Di masa pandemi seperti saat ini, kita dianjurkan untuk menghindari kerumunan. Nah berkebun dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan positif yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti saat ini.

Seperti yang dilakuka enam orang pemuda Desa Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanjung. Selama setahun pandemi ini, lebih banyak memanfaatkan waktu dengan membudidayakan semangka.

Budidaya semangka dipilih lantaran buah yang satu ini banyak diminati mayarakat luas. Terlebih semangka yang biasa dijual ditabalong  banyak dipasok dari luar daerah. Peluang ini kemudian dimanfaatkan enam pemuda ini.

Dilahan seluas 4 hektar, para pemuda ini menanam 3 jenis semangka. Yaitu jenis semangka inul dengan warna kuning mencolok. Serta jenis semanga amara dan semangka madrid, yang berwarna merah tanpa biji.

Masa tanam semangka hingga berbuah membutuhan waktu sekitar 60 hari. Nah selama sekitar setahun ini, mereka telah melakukan 6 kali tanam. Setiap hhektar menghasiljan sekitar 20 ton buah semangka.

“Dari pertama membuka sampai panen yang terakhir sudah setahun, kurang lebih setahun, kalau panennya 4 atau 5 kali sudah . kalau 1 hektarnya kurang lebih 20 ton, kalau yang buah buah normal, buah A.” Kata Muhammad Arifin  – Petani Semangka.

Budidaya semangka yang ditanam enam pemuda ini dilakukan di lahan kering, sehingga menghasilkan buang semangka dengan citarasa lebih manis dan segar. Nah dengan ciri khasnya ini, masyarakat sekitar menamai semangka ini dengan sebutan semangka pamkiw, atau semangka pamarangan kiwa. Penjualan semangka umumnya dilakukan apda warga seitar. Namun tak sedikit yang juga memesan semangka paamkiw ini dari luar kabupaten hingga luar provinsi.

Budidaya semangka di lahan kering tidaklah mudah. Dengan alat pertanian manual yang terbatas, di tambah musim kemarau, dapat menguras modal dan tenaga mereka. Namun keterbatasan ini tak mengendurkan semangat enam pemuda ini, dengan berharap semangka pamkiw bisa dikenal masyarakat luas, terlebih dalam memenuhi permintaan buah lokal di pasaran. (Rangga).

Next Post

Petugas PKPR Siap Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Remaja Tabalong

Sel Jun 15 , 2021
TVTABALONG – Peningkatan kapasitas petugas dalam pelayanan kesehatan pendidikan usia sekolah dan remaja puskesmas se Tabalong yang digelar dinas kesehatan tabalong, disambut baik oleh para peserta sebagai pengelola PKPR. Kegiatan yang digelar 8 hingga 9 Juni 2021 ini, melibatkan petugas dari 18 puskesmas se Tabalong. Kegiatan ini dinilai para peserta, […]