Selain Secara Medis, Begini Cara Tim Medis Bantu Proses Penyembuhan Pasien Corona

Tabalong – Sejak wabah corona melanda pada akhir 2019, sampai saat ini masih belum di temukan obat khusus untuk sembuh dari virus tersebut. Sehingga pihak medis saat ini hanya mengandalkan peningkatan imun tubuh, sebagai terapi penyembuhan.

Seperti halnya di kabupaten tabalong, selain regimen terapi pengobatan, perawatan pasien positive  di Unit Isolasi Rumah Sakit Tanjung, juga difokuskan pada psikis pasien, yang berpengaruh terhadap imunitas.

Pelaksana Tugas Kepala Rumah Sakit Umum Unit Isolasi Tanjung, dokter Taufiqurrahman Hamdie memaparkan, cepat lambatnya kesembuhan pasien, tidak hanya dari pelayanan petugas medis saat memberi perawatan. Namun juga berasal dari modal dasar peningkatan imun tubuh masing-masing pasien.

“Jadi tadi, cepat lambatnya seseorang sembuh yang pertama modalitas dari segi peningkatan imun tubuhnya,ke dua bagaimana pola pengasuhan kita pemberian obat terapi dan sebagainya, ke tiga bagaimana mendisiplinkan dia dalam menghimbau ketarutarn istirahat dan sebagainya, yang ke empat masa masa psikologis yang menyebabkan orang stress cemas dan sebagaiinya, 4 komponen ini kita satukan dalam pola terapi kita di unit isolasi ini.” Kata dr. Taufiq

Setiap pasien pertama masuk unit isolasi, akan diamnesis ulang oleh dokter yang bertugas. Kemudian pasien juga akan diinstruksikan beberapa pengarahan kesehatan, serta digiatkan untuk senam dan berjemur setiap jam 10 pagi,oleh jajaran tim gugus tugas di unit isolasi.

Salah satu petugas medis Unit Isolasi Covid Ninten, dokter Hary Ilmiawan menjelaskan, dalam prusedur penanganan, pihaknya tidak hanya terfokus pada  penyakit tersebut, namun meliputi keseluruhan masalah pasien, seperti rasa cemas dan sebagainya.

“Kita disini menangani pasien bukan cuma dari penyakitnya secara umum, tapi kita harus menangani nya secara holistic, jadi holistic kita tangani tergantung selain dari penyakit itu sendiri,  kita harus juga mengobati perasaannya, psikis nya, karna itu sangat berpengaruh.” Kata dr. Ilmi

Tim  GTPP berencana menghadirkan ahli psikologi setiap dua kali seminggu, untuk memberi pengarahan serta memantau kondisi psikis pasien. Dari total pasien sembuh yang menjalani perawatan di unit isolasi ini, ada satu pasien yang berhasil sembuh dalam 7 hari masa perawatan.

Next Post

Cegah Penyebaran Virus Corona, Kodim 1008 Tanjung Giat Lakukan Aksi Penyemprotan Di Rumah Ibadah

Jum Jul 17 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Kodim 1008 Tanjung, menuyrunkan puluhan personil TNI untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah ibadah pada 14 Juli. Penyemportan dilakukan di berbagai rumah ibadah, salah satunya di Masjid Ash Shiratal Mustaqim Tanjung. Pada penyemprotan kali ini […]
error: