Sekda Tabalong: Kearsipan Penting Untuk Capai Good Governance

TVTABALONG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, melalui bidang arsip, memberikan bimbingan teknis terkait tertib arsip kepada Aparatur Desa dan Kelurahan pada 7 April 2021. Bimtek ini untuk membekali aparatur yang ditugaskan khusus untuk pengarsipan, baik dalam hal perencanaan, penganalisaan, pengembangan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, maupun akuntabilitas suatu kegiatan.

Bimtek kali ini difokuskan untuk wilayah selatan Tabalong, dengan total 41 peserta. Terdiri 15 desa dari Kecamatan Banua Lawas, 7 desa dari Kecamatan Muara Harus, 7 desa dari Kecamatan Pugaan, serta 11 desa dan satu Kelurahan dari Kecamatan Kelua.

Bimtek ditujukan untuk menyeragamkan bentuk arsip yang berkaitan dengan tata naskah Dinas, sesuai dengan Perbup 16 2009. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, Herwandi menilai pengarsipan menjadi hal penting dalam pemerintahan.

 “Saat ini kami sangat menyambut baik apa yang telah dilakukan bidang kearsipan jadi banyak kearsipan sebenarnya yang telah dilakukan bidang kearsipan ini dalam beberapa bulan sejak mereka diangkat sampai dengan sekarang itu terobosan-terobosan yang mereka lakukan itu sudah sangat luar biasa untuk memperkenalkan arsip ini kepada SKPD dan Desa.” Kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, Herwandi.

Bimtek tertib arsip dibuka sekretaris daerah Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji. Ia menilai kearsipan memiliki perana penting dalam pemerintahan, terlebih untuk mencapai good governance atau tata laksana pemerintahan yang baik.

Sebenarnya arsip memang tidak hanya terkait dengan penggunaan pertanggung jawaban keuangan tetapi juga semua kegiatan, kegiatan yang dilakukan pemerintahan desa yang tentu saja disitu ada kegiatan pemerintahan, kegiatan pembangunan, kegiatan pembinaan masyarakat tentu saja itu juga mengarah kepada good governance.“ Kata Sekretaris Daerah Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji.

Sangadji mengharapkan ilmu kearsipan dapat diterapkan dan dilakukan dengan tertib, di seluruh sektor pemerintahan, termasuk pemerintahan desa dan kelurahan. (Gazali Rahman).

Next Post

Dispersip Tabalong Ingatkan Pentingnya Ilmu Kearsipan Bagi Pemerintahan

Sen Apr 12 , 2021
TVTABALONG – Bimtek tertib arsip bagi Perangkat Desa dan Kelurahan yang difasilitasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tabalong, diisi sejumlah narasumber yang berkompeten di bidang kearsipan. Terdiri dari beberapa background pemerintahan, yang seirama menekankan pentingnya arsip dalam sebuah pemerintahan. Sebanyak 3 narasumber dari berbagai lembaga, mengisi bimtek tertib arsip ini. […]