SDN 1.5 Belimbing Raya Kembali Melaju di Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional

1

TVTABALONG – Untuk yang ketiga kalinya, SD Negeri 1.5 Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak kembali berhasil mengikuti lomba budaya Mutu Hingga Tingkat Nasional. Masuknya sekolah ini pada lomba tersebut membawa tim penilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengunjungi sekolah pada Senin (23/9/2019).

Kunjungan atau visitasi tim penilai ini, untuk memastikan  kelayakan SDN 1.5 Belimbing Raya memenangkan lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional. Visitasi ini merupakan tahapan ketiga dari proses lomba. Tahap pertama seleksi administrasi online, kedua penilaian kinerja berupa dokumentasi portofolio, ketiga visitasi dan keempat presentasi.

 “Lomba Budaya Mutu Sekolah tahun 2019 ada 5 aspek yang kami nilai”kata Tim Penilai Budaya Mutu Direktorat Kemendikbud, Noor Endah Tjahjaningtias

“yang pertama manajemen berbasis sekolah, yang kedua proses atau budaya pembelajarannya, yang ketiga ekskul, yang keempat perpustakaan dan kelima UKS”

Kepala Dinas Pendidikan Tabalong menambahkan bahwa SDN 1.5 Belimbing Raya memang layak masuk nominasi tingkat nasional. Pasalnya selain berprestasi di berbagai bidang, pihak  sekolah juga rutin berkoordinasi dengan lembaga dan SKPD terkait untuk membangun budaya mutu yang berkualitas.

“kita melihat di sekolah dasar ini (SDN 1.5 Belimbing Raya) koordinasi sekolah dengan dinas terkait sangat baik. Kerjasama dengan kepolisian juga cukup baik, kemudian koordinasi dengan DLH, dengan perpustakaan, kemudian dengan (Dinas) Kesehatan. Ini semua dalam rangka menunjang sekolah yang berbudaya mutu” jelas Kadis Pendidikan Akhmad Rizali Noor

Kepala SDN 1.5 Belimbing Raya, Norhana mengaku tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi lomba, pasalnya pengembangan 5 aspek penilaian sudah dilakukan pihak sekolah sejak lama. Namun menurutnya, dalam beberapa bulan terakhir, pihaknya fokus meningkatkan perpustakaan.

“jadi kami kan sudah juara untuk UKS, juara untuk Adiwiyata. Jadi perpustakaan aja yang kami siapkan, kebetulan kami kerjasamanya untuk perpustakaan baru saja, yang lain sudah kami lakukan jauh-jauh hari” jelas Norhana

Baca Juga : SDN 1.5 Belimbing Raya Fokus Tanamkan Nilai Budaya Pada Anak Didiknya

Lomba Budaya Mutu dikelompokkan ke dalam 4 kategori. Tahun ini ada 27 SD Negeri, 62 SD Rujukan, 52 SD Swasta dan 6 SD Negeri wilayah 3T yang mengikuti lomba. SDN 1.5 Belimbing Raya merupakan 1 dari 6 SD Rujukan di Kalsel yang masuk nominasi tingkat Nasional (Purnamasari)

One thought on “SDN 1.5 Belimbing Raya Kembali Melaju di Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional

Tinggalkan Balasan

Next Post

Alumni Ponpes Ibnu Amin Pamangkih Gelar Haul Ke 25 Kyai Guru Mahfudz Amin

Rab Sep 25 , 2019
TVTABALONG – Para alumni Pondok Pesantren Ibnu Amin se-Kabupaten Tabalong, menggelar haul ke 25 Kyai Guru Mahfudz Amin, yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Ibnul Amin Pamangkih. Kegiatan haul dilaksanakan di Madrasah Khairul Waritsin Desa Nawin Kecamatan Haruai, Minggu (22/9/2019) lalu. Haul dihadiri para habib, ulama, dan pejabat pemerintah Kabupaten Tabalong, […]